Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Benarkah Ulama Mendapatkan Tekanan Tekanan dari Penguasa

📚 RUBIK MANHAJ:

BIMBINGAN ULAMA DISAAT FITNAH MELANDA
✒ Bersama: Fadhilatusy Syaikh Shaleh al-Fauzan Hafizhahullah

9⃣ Soal 9:
Wahai asy-Syaikh yang mulya, Anda dan saudara-saudara Anda dari kalangan para ulama di negeri ini yang bermanhaj salafy, segala puji bagi Allah, metode kalian dalam menasehati para penguasa sesuai dengan syariat seperti apa yang telah dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, dan kami tidak mensucikan seorang pun dihadapan Allah. Terdapat orang-orang yang mencela kalian ketika tidak ada pengingkaran secara terang-terangan (kepada para penguasa) tatkala terjadi penyimpangan-penyimpangan, dan sebagian mereka ada yang memberikan udzur untuk kalian dengan mengatakan,  ‘Kalian memang telah mendapatkan tekanan-tekanan dari para penguasa’. Apakah bimbingan dan penjelasan Anda untuk mereka?

🔑 Jawaban:
🔊 Tidaklah diragukan bahwa para penguasa adalah manusia biasa seperti yang lainnya, mereka tidak lepas dari kesalahan, sehingga memberikan nasehat untuk mereka adalah wajib. Akan tetapi jika dilakukan lewat majelis-majelis dan diatas mimbar-mimbar, maka itu tergolong perbuatan ghibah yang diharamkan. Hal itu lebih besar kemungkarannya daripada kemungkaran yang dilakukan oleh para penguasa, karena dia melakukan ghibah, karena konsekuensi dari hal itu (ghibah) telah menebar api fitnah, memecah belah kalimat (persatuan kaum muslimin) dan berdampak negatif bagi kelangsungan dakwah.

Yang wajib adalah menyampaikan nasehat lewat jalan yang aman, bukan dengan membeberkan dan membuat rumor. Adapun menjatuhkan para ulama negeri ini dengan dalih bahwa mereka tidak menasehati atau mereka mendapat tekanan, maka itu tuduhan-tuduhan belaka yang bertujuan ingin memisahkan antara para ulama dengan para pemuda dan masyarakat, sehingga (kalau sudah berhasil) menjadi gampang bagi para perusak untuk menebar benih kerusakan-kerusakannya. Sebab jika sudah terjadi prasangka buruk terhadap para ulamanya dan hilang kepercayaan mereka terhadap para ulamanya, maka orang-orang yang berkepentingan dalam hal ini mendapatkan kesempatan untuk menebar racun-racun mereka. Saya yakin bahwa pemikiran-pemikiran seperti ini adalah intrik dan produk ramuan Negara-negara barat terhadap negeri ini dan warga negaranya. Wajib atas kaum muslimin waspada dari hal tersebut.

📩 Sumber: Silsilah al-Fatawa al-Manhajiyah asy-Syaikh Shaleh al-Fauzan.

---------------------
✏ Alih bahasa: Abu Ubaidah bin Damiri al-Jawi.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com

🌐 Ikuti pula channel Forum kami di
https://telegram.me/ForumKIS
-----------------------

📚 Forum FORUM KIS 📚

0 Response to "Benarkah Ulama Mendapatkan Tekanan Tekanan dari Penguasa"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo