Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

DOA ISTIFTAH

Upaya untuk Menuntun dan Memahami Bacaan dalam Sholat.

2⃣. DOA ISTIFTAH

💢 Setelah takbiratul ihraam, selanjutnya kita disunnahkan membaca Do’a iftitah/ istiftah yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallaahu ‘Alahi wa sallam.

🌙 Banyak bacaan do’a iftitah yang disebutkan dalam hadits yang shohih. Disunnahkan untuk membaca salah satu dari doa tersebut dan para Ulama menjelaskan bahwa yang terbaik adalah kita berganti-ganti membacanya pada setiap sholat, sehingga tidak hanya terpaku pada satu macam bacaan iftitah pada setiap sholat kita.

🔆 Dalam satu sholat kita menggunakan satu macam bacaan, kemudian pada sholat berikutnya menggunakan macam bacaan yang lain. Hal tersebut akan lebih tepat dan sesuai dengan Sunnah Nabi serta akan lebih memudahkan kita mengamalkan seluruh bacaan-bacaan yang dituntunkan oleh beliau.

✅ Namun, jika dia tidak mampu menghapalnya kecuali hanya satu saja dan selalu membaca satu macam tersebut pada setiap sholat, maka hal itu tidaklah mengapa.

🔰 Di antara bacaan-bacan iftitah yang diajarkan oleh Rasulullah Shollallaahu ‘Alahi wa sallam adalah :

🔖1. Bacaan yang disebutkan dalam Hadits Al-Bukhari-Muslim dari Sahabat Abu Hurairah:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ اْلمَشْرِقِ وَاْلمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِاْلمَاءِ وَالثَّلْجِ وَاْلبَرَدِ 

🔷 Ya Allah jauhkanlah antara aku dengan dosa-dosaku sebagaimana Engkau menjauhkan antara barat dengan timur. Ya Allah bersihkan aku dari dosa-dosaku sebagaimana terbersihkannya baju putih dari noda (yang mengenainya). Ya Allah cucilah diriku dari dosa-dosaku dengan air, salju, dan embun “ (disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim dalam Shahihnya dari Sahabat Abu Hurairah).

⏩ Makna secara umum :

⏺ Kita memohon kepada Allah supaya Ia jauhkan kita dari perbuatan-perbuatan dosa sebagaimana Ia menjauhkan antara timur dan barat yang tidak akan berkumpul selamanya.

♻️ Jika sampai kita terjerumus ke dalam dosa, kita mohon ampunanNya dan mohon dibersihkan dari dosa-dosa tersebut sebagaimana bersihnya pakaian yang putih dari noda.

⚜ Kemudian kita memohon kepada Allah supaya Ia membersihkan diri kita dari bekas dosa tersebut agar benar-benar bersih dan suci dengan kiasan penggunaan air, salju, dan embun. Air untuk membersihkan, sedangkan dinginnya salju dan embun merupakan kiasan untuk menghilangkan pengaruh api neraka (AnNaar) yang panas membakar.

♦️ Imam AlKhottoby mengatakan : Penyebutan salju dan embun sebagai bentuk penguatan (akan semakin bersih hasilnya jika air ditambah dengan salju dan embun) karena keduanya (salju dan embun) tidak tersentuh/dijamah oleh tangan-tangan.

🔹 Ibnu Daqiiqil ‘Ied berkata : Pengibaratan semacam itu menunjukkan pembersihan yang sempurna. Karena baju yang dicuci berkali-kali dengan 3 unsur tersebut (air, salju, dan embun) akan mengalami kebersihan yang sempurna.

🔺 Perkataan al-Khottobiy dan Ibnu Daqiqil Ied tsb disebutkan dalam Subulus Salam syarh Bulughil Maram karya as-Shon'aaniy.

☀️ Rincian Makna :

👈 اللَّهُمَّ بَاعِدْ = Ya Allah jauhkanlah

👈 بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ = antara diriku dengan dosa-dosaku

👈 كَمَا بَاعَدْتَ = sebagaimana Engkau jauhkan 

👈 بَيْنَ اْلمَشْرِقِ وَاْلمَغْرِبِ = antara timur dengan barat

👈 اللَّهُمَّ نَقِّنِي = Ya Allah bersihkanlah aku

👈 مِنْ خَطَايَايَ= dari dosa-dosaku

👈 كَمَا يُنَقَّى = sebagaimana terbersihkannya 

👈 الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ = pakaian putih

👈 مِنَ الدَّنَسِ = dari noda 

👈 اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي = Ya Allah cucilah diriku

👈 مِنْ خَطَايَايَ= dari dosa-dosaku 

👈 بِاْلمَاءِ وَالثَّلْجِ وَاْلبَرَدِ = dengan air, salju, dan embun

🔄 Bersambung In Syaa Allah
~~~~~~~~~~~~~~~~

📙 Dikutip dari Buku "Memahami Makna Bacaan Sholat"
(Sebuah Upaya Menikmati Indahnya Dialog Suci dengan Ilahi).

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomah

0 Response to "DOA ISTIFTAH"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo