Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Berjumpa dengan Wajah Berseri dan Tersenyum

Bagaimana Bermuamalah dan Bergaul Dengan Baik 8

Keempat: Berjumpa dengan Wajah Berseri dan Tersenyum

✏Di antara petunjuk Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam bermuamalah adalah jika bertemu dengan saudaranya berwajah ceria dan senyum. Hal ini sebaimana dalam sebuah hadits di mana ▫Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلَقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

“Janganlah kalian meremehkan sesuatu kebaikkan walau dengan wajah berseri ketika berjumpa dengan saudaramu. (HR. Muslim no. 2626)

✏Berkata asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah: Maka sudah seharusnya seseorang apabila dia bertemu dengan saudaranya dengan wajah yang berseri, berkata yang baik  agar mendapat pahala, cinta, ulfah (kedekatan) dan menjauhi sikap takabur, merasa tinggi atas para hamba Allah. (Syarh Riyadhus Shalihin: 4/61).

▫Dan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Harits bin Jaza, menjelaskan bahwa Rasulullah orang yang paling banyak tersenyum. Di mana beliau berkata: Aku tidak melihat seorang pun yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. (HR. At-Tirmidzi, dishahihkan oleh syaikh al-Albani di dalam Shahih at-Tirmidzi no. 2880).

📢Tidak sedikit hubungan antara ikhwan dengan masyarakat kurang baik hanya karena sebagian ikhwan yang terlihat cemberut, atau terlihat garang tidak tersenyum ditambah lagi tidak menyapa ketika bertemu atau berpapasan. Sudah seyogyanya setiap kita memperhatikan hal ini. (abdullah aljakarty)

🔳Insya Allah bersambung

📚 F A W A I D  I L M I Y Y A H

▪▪▪▪▪▪8⃣▪
=====*****=====
📶 Publikasi:
📖 WA Salafy Solo
www.salafymedia.com
22 al Muharram 1437 H | 4 Nopember 2015

0 Response to "Berjumpa dengan Wajah Berseri dan Tersenyum"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo