Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Menyebarkan salam kepada Masyarakat

▪▪▪▪▪▪9⃣▪

💎Bagaimana Bermuamalah dan Bergaul Dengan Baik💎

□■□■□■□■□■□■□■□■□■

📝Kelima: Menyebarkan salam.

✏Mungkin ada sebagian dari kita hanya mengucapkan salam kepada sesama ikhwan, namun tidak mengucapkan salam kepada orang yang dia temui dijalan, atau kepada tetangganya yang awam atau kepada masyarakat yang tinggal disekitar pondok atau kepada kaum muslimin secara umum. Tentu tindakan ini tidaklah tepat.

▫Dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Amr  berkata bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah, “perkara apakah yang dianggap kebaikkan dalam islam?”, beliau bersabda:

تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلَامَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ
“Engkau memberi makan dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang tidak engkau kenal.” (HR. Bukhari dan Muslim).

📢Wahai saudaraku, seseorang yang menyebarkan salam dia sedang menjalankan perintah Allah adakah kebahagian yang lebih besar bagi seorang hamba dari mentaati Rabbnya. Disamping hal tersebut akan menimbulkan saling mencintai diantara kita.

▫Allah Ta’aala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّى تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَى أَهْلِهَا ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.” (an-Nur:27).

▫Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

لا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا ، وَلا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا ، أَلا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ ، أَفْشُوا السَّلامَ بَيْنَكُمْ

“Demi Dzat yang jiwaku berada ditangan-Nya, tidaklah kalian akan masuk surga sampai kalian beriman. Dan tidaklah kalian beriman sampai kalian saling mencintai, maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu apabila kalian lakukan akan saling mencintai? Menyebarkan salam diantara kalian. (HR. Muslim).

📢Wahai saudaraku, apa beratnya ketika engkau bertemu atau berpapasan dengan tetangga dari kalangan orang awam, atau melewati orang tua yang sedang duduk atau berdiri didepan rumahnya engkau mengucapkan salam, engkau jabat tanganya dan tanya keadaannya. Insya Allah hal ini akan terhitung sebagai amal kebaikkan untuk dirimu.

✏Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا

“Tidaklah dua orang muslim bertemu kemudian bersalaman kecuali diampuni dosa-dosanya sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan beliau berkata: Hadits Hasan Gharib, dihasankan oleh Syaikh al-Albani di Shahih al Jami, no. 5777). (abdullah aljakarty)

🔳Insya Allah bersambung

📚 F A W A I D  I L M I Y Y A H

▪▪▪▪▪▪9⃣▪
=====*****=====
📶 Publikasi:
📖 WA Salafy Solo
www.salafymedia.com
23 Muharram 1437 H | 5 Nopember 2015

0 Response to "Menyebarkan salam kepada Masyarakat"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo