Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BERPIKIR CERMAT SEBELUM BERTINDAK

BERPIKIR CERMAT SEBELUM BERTINDAK

🌾 Asy Syaikh Bakr Abu Zaid berkata:

التحلي بالتأمل، فإن من تأمل أدرك،وقيل: "تأمل تدرك". وعليه، فتأمل عند التكلم: بماذا تتكلم؟ وما هي عائدته؟ وتحرز في العبارة والأداء دون تعنت أو تحذلق، وتأمل عند المذاكرة كيف تختار القالب المناسب للمعنى المراد، وتأمل عند سؤال السائل كيف تتفهم السؤال على وجهه حتى لا يحتمل وجهين.

🛡Seorang penuntut ilmu hendaknya berhias dengan sikap berpikir cermat sebelum bertindak. Karena seorang bila dia berpikir terlebih dahulu, maka dia akan mendapatkan hasil yang bagus.

🛡 Sebagaimana yang dikatakan pepatah, "Berpikir cermatlah, maka engkau akan mendapatkan hasilnya."

Maka hendaknya seorang penuntut ilmu berpikir cermat ketika dia mengeluarkan suatu statement, menimbang alasan dia berbicara, menimbang dampak yang akan muncul dari ucapannya, benar-benar memperhatikan bahasa dan cara penyampaian tanpa harus memaksakan atau berlebihan.

Demikian juga berpikir cermatlah ketika berdiskusi, bagaimana menjaga agar apa yang kita pahami benar-benar yang sesuai dengan makna yang diinginkan.

Teliti terhadap pertanyaan yang dilontarkan padamu, agar engkau bisa memahami pertanyaan tersebut tanpa terjadi dualisme pemahaman."

📚dari kitab Syarah Hilyah Thalibil Ilmi

📲📲📲📲📲

AN NASHOOIH AS SALAFIYYAH

0 Response to "BERPIKIR CERMAT SEBELUM BERTINDAK"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo