Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

UJIAN SALAF DALAM MENUNTUT ILMU

UJIAN SALAF DALAM MENUNTUT ILMU

Umar bin Hafsh Al-'Asyqor -rohimahulloh- berkata :

▫️"Dulu kami pernah bersama Al-Bukhori di Bashroh menulis (menuntut ilmu). Kami sempat kehilangan dia beberapa hari.

▫️Akhirnya kami menemukannya di suatu rumah dalam keadaan tak berbaju karena kehabisan bekal.

📂 Maka kami mengumpulkan sejumlah uang dirham dan kami belikan pakaian untuknya."

🍃 Muhammad bin Abi Hatim Al-Warroq -rohimahulloh- berkata :

▫️"Aku mendengar Al-Bukhori berkata :
Aku berangkat (belajar) menuju Adam bin Abu Iyas, namun bekalku tertinggal, sehingga terpaksa aku memakan rumput kering dan aku tidak menceritakannya kepada siapapun.

▫️Ketika memasuki hari ketiga, datanglah seseorang yang tidak aku kenal kemudian memberiku sekantong uang dinar dan mengatakan : "Gunakanlah (uang ini) untuk menutup kebutuhanmu."

📚 (Taariikh Baghdaad 2/11,12,13, As-Siyar 12/448)

💥بسم الله الرحمن الرحيم 💥

💎 صبر السلف على طلب العلم💎

👈 قال عمر بن حفص الاشقررحمه الله :
(كنا مع البخاري بالبصرة نكتب ففقدناه أياما ثم وجدناه في بيت وهو عريان وقد نفذ ماعنده فجمعنا له الدراهم وكسوناه )

👈 وقال محمدبن ابي حاتم الوراق :
(سمعت البخاري يقول خرجت الى أدم بن أبي إياس فتخلفت عني نفقتي حتى جعلت أتناول الحشيش ولا أخبر بذلك أحدا فلما كان اليوم الثالث أتاني أتٍ لم أعرفه فناولني صرة دنانير وقال أنفق على نفسك )

📕 تاريخ بغداد (2/_11_12_13)
📗 السير (2 448/1)

مصدر : مجموعة كيف نربي أولادنا

📇 Join Telegram:
@KEUTAMAANILMU

0 Response to "UJIAN SALAF DALAM MENUNTUT ILMU"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo