Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

APAKAH SAAT ORANG YANG SHALAT BERSIN, MENDENGAR KOKOK AYAM, ANJING MENGGONGGONG, DAN ADZAN TETAP MENGUCAPKAN DZIKIR YANG DISYARIATKAN

APAKAH SAAT ORANG YANG SHALAT BERSIN, MENDENGAR KOKOK AYAM, ANJING MENGGONGGONG, DAN ADZAN TETAP MENGUCAPKAN DZIKIR YANG DISYARIATKAN

✍Syaikh 'Utsaimin rahimahullah berkata,

"Jika orang yang sedang shalat bersin, termasuk sunnah, hendaknya ia mengucapkan alhamdulillah. Namun  seandainya ada dzikir lain saat seseorang sedang shalat, ia mengucapkan dzikir itu ataukah tidak? Kami katakan: ia mengucapkannya sesuai yang disebutkan oleh sunnah. Contohnya:

➡️seandainya mulai muncul rasa was-was dalam shalat maka hendaknya ia ucapkan: a'dzubillah minasysyaithanirrajim. Ya!

➡️Seandainya ia mendengar anjing menggonggong? Ia ucapkan: a'udzubillahiminasysyaithanirrajim.

➡️Mendengar ayam berkokok? Ia ucapkan: Asalullah min fadhlihi (saya memohon kepada Allah keutamaannya).

➡️Mendengar orang yang adzan mengumandangkan adzan, ia jawab ataukah tidak ia jawab? Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat: ia jawab. Karena ini adalah dzikir yang ada sebabnya dalam shalat. Hanya saja ada suatu perkara dari hal ini  sendiri terkait adzan. Karena menjawab adzan akan menyita banyak bagian shalat dan akan menyibukkan engkau dari konsentrasi shalat. Sehingga yang lebih utama, ia tidak menjawab orang yang adzan dulu. Akan tetapi ia bisa mengqadha menjawab orang yang adzan saat setelah salam."

🏡Liqa' al Bab al Maftuh 221

🌎http://binothaimeen.net/content/6271

📱http://t.me/ukhwh

فإذا عطس المصلي فإن من السنة أن يحمد الله، ولكن لو وجد سبب ذكر آخر والإنسان يصلي هل يقول أم لا؟ نقول: يقوله فيما جاءت به السنة، مثلاً: لو حدث أن بدأ يهوجس في الصلاة فليقل: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. طيب! لو سمع نباح كلب؟ يقول: أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. سمع صياح الديك؟ يقول: أسأل الله من فضله. سمع المؤذن يؤذن هل يجيب أم لا يجيب؟ قال شيخ الإسلام ابن تيمية: يجيب، لأن هذا ذكر وجد سببه في الصلاة، ولكن في النفس من هذا شيء بالنسبة للأذان؛ لأن الأذان سوف يستغرق جزءاً كبيراً من الصلاة ويشغلك عنها، فالأولى ألا يجيب المؤذنين، لكن من الممكن أنه إذا سلم أجاب المؤذن قضاءً.

0 Response to "APAKAH SAAT ORANG YANG SHALAT BERSIN, MENDENGAR KOKOK AYAM, ANJING MENGGONGGONG, DAN ADZAN TETAP MENGUCAPKAN DZIKIR YANG DISYARIATKAN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo