Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

BOLEHKAH MAKAN DAN MINUM HINGGA KENYANG

BOLEHKAH MAKAN DAN MINUM HINGGA KENYANG

✍Syaikh Ibnu Baz rahimahullah,

"Dahulu orang-orang pada zaman Nabi ﷺ dan pada zaman yang lain pernah makan dengan kenyang namun khawatir dengan rasa kenyang yang berlebihan. Terkadang Nabi ﷺ pernah diundang untuk menghadiri jamuan makan dan menjadi tamu mereka serta memerintahkan mereka untuk makan hingga mereka makan dengan kenyang. Setelah itu, Nabi ﷺ dan sahabat-sahabat beliau yang tersisa.Diriwayatkan bahwa sahabat Jabir bin Abdillah al-Anshari mengundang Nabi ﷺ pada Perang al-Ahzab dan dan Perang Khandaq untuk sebuah jamuan makan berupa sembelihan binatang kecil--anak kambing--dan sedikit gandum. Kemudian Nabi ﷺ memerintahkan memotong kue dan daging, lalu beliau mengundang orang sepuluh-sepuluh. Mereka makan dan kenyang lalu keluar, lalu datang sepuluh orang yang lain dan seterusnya. Kemudian Allah memberi keberkahan pada gandum dan anak kambing tersebut. Banyak jumlah orang yang memakannya, dan yang tersisa masih banyak hingga mereka memberikannya kepada tetangga. Nabi ﷺ sendiri  pada suatu hari juga pernah memberikan susu kepada Ahlush Suffah. Sahabat Abu Hurairah menuturkan, dialah yang menuangkan minum kepada mereka hingga mereka puas. Kemudian Nabi ﷺ bersabda, "Minumlah engkau wahai Abu Hurairah." &_Abu Hurairah berkata "Lalu saya minum." Kemudian Beliau berkata " Minumlah!" Lalu saya minum... Kemudian saya berkata, "Demi Dzat Yang Mengutus Engkau dengan kebenaran, sudah tidak ada tempat lagi (di perut saya)." Setelah itu, Nabi ﷺ mengambil yang tersisa dan meminumnya.

Hadits ini menunjukkan bolehnya makan dengan kenyang dan minum sampai puas selama tidak membahayakan."

📜Majmu' Fatawa wa Maqalat asy Syaikh Ibnu Baz 4/118

📱http://t.me/ukhwh

فالناس كانوا يأكلون ويشبعون في عهد النبي ﷺ وفي غيره، ولكن يخشى من الشبع الظاهر الزائد، وكان النبي ﷺ في بعض الأحيان يدعى إلى ولائم، ويضيف الناس ويأمرهم بالأكل فيأكلون ويشبعون، ثم يأكل بعد ذلك -عليه الصلاة والسلام- ومن بقي من الصحابة.
وفي عهده يروى أن جابر بن عبدالله الأنصاري دعا النبي ﷺ يوم الأحزاب، يوم غزوة الخندق، إلى طعام على ذبيحة صغيرة -سخلة- وعلى شيء من شعير، فأمر النبي ﷺ أن يقطع الخبز واللحم، وجعل يدعو عشرة عشرة، فيأكلون ويشبعون، ثم يخرجون ويأتي عشرة آخرون، وهكذا، فبارك الله في الشعير وفي السخلة، وأكل منها جمع غفير، وبقي منها بقية عظيمة حتى صرفوها للجيران.
والنبي ﷺ ذات يوم أيضا سقى أهل الصفة لبنا، قال أبو هريرة: فسقيتهم حتى رووا، ثم قال النبي ﷺ: اشرب يا أبا هريرة قال شربت، ثم قال: اشرب فشربت، ثم قال: اشرب فشربت، ثم قلت والذي بعثك بالحق لا أجد له مسلكًا، ثم أخذ النبي ﷺ ما بقي، وشرب -عليه الصلاة والسلام، وهذا يدل على جواز الشبع وجواز الري، لكن من غير مضرة[1].

(مجموع فتاوى ومقالات الشيخ ابن باز: 4/ 118)

0 Response to "BOLEHKAH MAKAN DAN MINUM HINGGA KENYANG"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo