Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Hukum Menjawab Salam Ketika sedang Sholat

Hukum Menjawab Salam Ketika sedang Sholat

Syaikh Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:
Wahai syaikh yang mulia, apabila aku sedang shalat dhuhur, lalu ada orang lain mengucapkan salam kepadaku. Apakah aku menjawabnya ataukah tidak? Mana yang lebih utama untuk didahulukan?

🗝 *Jawaban*:
Adapun menjawab salam dengan ucapan maka tidak boleh. Karena jika engkau menjawab dengan ucapan, shalatmu batal.

Adapun menjawab dengan isyarat maka tidak mengapa. Sungguh Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah menjawab salam dengan isyarat.

Beliau mengangkat tangannya sebagai isyarat bahwa sesungguhnya aku telah mendengar akan tetapi aku tidak dapat berbicara, karena aku sedang shalat.

Akan tetapi, apabila orang yang mengucapkan salam masih ada sampai orang yang shalat mengucapkan salam (selesai dari shalat), maka dia menjawab (lagi) salam orang itu dengan ucapan, dan apabila orang itu sudah tidak ada maka isyarat sudah mencukupi.

📚 *Al Liqo Asy Syahry: 71.*
==========

📁 [السؤال: ]
فضيلة الشيخ، إذا كنت في صلاة الظهر وسلم علي آخر هل أرد أم لا؟ وما هو الأولى للقادم؟

📁 الجواب:
أما الرد بالقول فلا يجوز، لأنك إذا رددت بالقول بطلت الصلاة، وأما الرد بالإشارة فلا بأس وقد كان النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم يرد السلام بالإشارة، يرفع يده إشارة  إلى أني قد سمعت ولكني لن أتكلم؛ لأني في الصلاة، ولكن إن بقي المسلم حتى سلم المصلي رد عليه بالقول وإن ذهب كفت الإشارة.

📁 المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [71]
الصلاة > صفة الصلاة > مكروهات الصلاة.

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

0 Response to "Hukum Menjawab Salam Ketika sedang Sholat"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo