Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KIAMAT ITU DAHSYAT

بسم الله الرحمن الرحيم

KIAMAT ITU DAHSYAT

🕋 Allah Ta'aalaa berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۚ  اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ

"Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar."

يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّاۤ اَرْضَعَتْ  وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكٰرٰى  وَمَا هُمْ بِسُكٰرٰى وَلٰـكِنَّ عَذَابَ اللّٰهِ شَدِيْدٌ

"(Ingatlah) pada hari ketika kalian melihatnya (guncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi adzab Allah itu sangat keras."
(QS. Al-Hajj; 1-2)

👍🏽 Syaikh Abdurrahman As Sa'di rahimahullah mengatakan;

"Allah memerintahkan kepada semua manusia agar mereka bertaqwa kepada Rabb mereka yang telah memelihara mereka dengan berbagai mikmat yang lahir maupun yang batin. Maka wajib bagi mereka untuk bertaqwa kepadaNya dengan meninggalkan kesyirikan, kefasiqan dan kemaksiatan serta melaksanakan perintah-perintahNya semampu mereka.

Kemudian Allah menyebutkan perkara yang bisa membantu mereka kepada ketaqwaan dan memperingatkan mereka dari meninggalkan ketaqwaan, yaitu dengan Dia memberitakan kengerian hari kiamat. Allah katakan {{ Sesungguhnya guncangan hari Kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar }} yang tidak terukur besarnya dan tidak terbayang dahsyatnya.

Hal itu karena jika kiamat itu terjadi, maka bumi bergetar dan bergoncang dengan dahsyatnya, gunung-gunung terangkat dan berjatuhan, menjadi seperti pasir yang dicurahkan, lalu menjadi debu yang diterbangkan. Kemudian manusia terbagi menjadi 3 golongan. Di saat itulah langit terbelah, matahari dan bulan digulung, bintang-bintang berhamburan. Terjadi goyangan dan kekacauan yang kalbu hancur karenanya, hati menjadi takut, anak-anak menjadi beruban, orang yang kuat dan kokoh menjadi lemah.

Kata Allah;

يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّاۤ اَرْضَعَتْ 

" (Ingatlah) pada hari ketika kalian melihatnya (guncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya ",
Padahal ia diciptakan dengan tabiat sangat menyayangi anaknya, terkhusus dalam keadaan menyusui yang si anak tidak bisa hidup kecuali dengannya.

وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا

" dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya ", karena sangat ketakutan dan ngeri.

وَتَرَى النَّاسَ سُكٰرٰى  وَمَا هُمْ بِسُكٰرٰى

" dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk ", yakni kamu mengira -wahai orang yang melihat- mereka itu mabuk karena minum khamr, padahal mereka tidak mabuk.

وَلٰـكِنَّ عَذَابَ اللّٰهِ شَدِيْدٌ

" Akan tetapi adzab Allah itu sangat keras. "
Karenanya adzab ini menghilangkan akal mereka, menakutkan hati mereka dan memenuhinya dengan rasa takut, kalbu sampai ke tenggorokan dan pandangan-pandangan menjadi terbelalak.
Pada hari itu seorang ayah tidak bisa menolong anaknya dan seorang anak tidak bisa menolong ayahnya sedikitpun.

Dan pada hari itu kata Allah;

يَوْمَ يَفِرُّ الْمَرْءُ مِنْ اَخِيْهِ

" pada hari itu manusia lari dari saudaranya, "
وَاُمِّهٖ وَاَبِيْهِ

" dan dari ibu dan bapaknya, "

وَصَاحِبَتِهٖ  وَبَنِيْهِ

" dan dari istri dan anak-anaknya.

لِكُلِّ امْرِیءٍ مِّنْهُمْ يَوْمَئِذٍ شَأْنٌ يُّغْنِيْهِ

" Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang menyibukkannya. "
(QS. 'Abasa: 34 - 37).

📚 Taisirul Kariimir Rahman Fii Tafsiiri Kalamil Mannaan.

✍🏾 FIK  الفقير إلى غفران ربه أبو يحيى

t.me/forumIlmiahkaranganyar

0 Response to "KIAMAT ITU DAHSYAT"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo