Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

PERJUANGAN YANG BESAR MENUJU IKHLAS

بسم الله الرحمن الرحيم

PERJUANGAN YANG BESAR MENUJU IKHLAS

👍🏽 lmam lbnul Qayyim rahimahullah mengatakan;

"Keikhlasan tidak akan berkumpul di dalam hati dengan sifat suka pujian dan sanjungan serta tamak terhadap apa yang di tangan manusia (yang berupa harta dan dunia) kecuali seperti berkumpulnya air dengan api, atau biawak dengan ikan.

Jika jiwamu membisiki kamu untuk mencari ikhlas, maka;

- yang pertama; hadapilah sifat tamak, lalu sembelihlah dengan memutus keinginan (kepada apa yang di tangan orang lain).

- kedua; hadapilah sifat suka pujian dan sanjungan, lalu lawanlah dengan zuhud terhadap keduanya seperti zuhudnya orang yang mabuk dunia terhadap akhirat.

💪🏽 Jika kamu bisa teguh untuk menyembelih sifat tamak dan zuhud terhadap pujian dan sanjungan, maka mudah bagimu untuk ikhlas.

❓Jika kamu bertanya, "Apa yang bisa membuatku mudah menyembelih sifat tamak dan mudah zuhud terhadap pujian dan sanjungan?"

👉🏾 Kukatakan;
● Adapun menyembelih sifat tamak, maka yang membuatmu mudah adalah kamu mengetahui dengan yakin bahwasanya tidak ada sesuatupun yang seseorang tamak kepadanya kecuali perbendaharaannya ada di tangan Allah, tidak ada yang memilikinya selain Dia, tidak ada yang bisa memberikannya kepada hamba selain Dia.

● Adapun zuhud terhadap pujian dan sanjungan, maka yang membuatmu mudah adalah kamu mengetahui (meyakini) bahwasanya tidak ada seorang pun yang pujiannya memberi manfaat atau membuat indah dan tidak pula celaannya memberi mudharat atau membuat malu kecuali Allah satu-satuNya.
Seperti ketika ada seorang Arab pelosok yang mengatakan kepada Nabi ﷺ , "Sesungguhnya pujianku indah dan celaanku membuat malu", maka Nabi ﷺ menjawab, "Yang demikian itu Allah 'Azza wa Jalla".

Maka zuhudlah terhadap pujian orang yang pujiannya tidak membuatmu indah, dan (jangan takut) terhadap celaan orang yang celaannya tidak membuatmu malu. Dan carilah pujian dari Dzat yang segala keindahan ada dalam pujianNya dan segala malu ada pada celaanNya.

Dan tidak ada hamba yang mampu untuk memperjuangkan ini kecuali dengan kesabaran dan keyakinan. Kapan kamu kehilangan kesabaran dan keyakinan, maka kamu seperti orang yang hendak bersafar menyeberang lautan tanpa kapal.

Allah Ta'aalaa berfirman:

فَاصْبِرْ  اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّلَا يَسْتَخِفَّنَّكَ الَّذِيْنَ لَا يُوْقِنُوْنَ

"Maka bersabarlah engkau (Muhammad), sungguh, janji Allah itu benar dan sekali-kali jangan sampai orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan engkau."
(QS. Ar-Rum : 60).

Allah Ta'aalaa juga berfirman:

وَ جَعَلْنَا مِنْهُمْ اَئِمَّةً يَّهْدُوْنَ بِاَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوْا ۗ    ۗ  وَ كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يُوْقِنُوْنَ

"Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami selama mereka sabar. Dan mereka meyakini ayat-ayat Kami."
(QS. As-Sajdah : 24)

📚 Al Fawaid hal 150

✍🏾 FIK  الفقير إلى غفران ربه أبو يحيى

t.me/forumIlmiahkaranganyar

0 Response to "PERJUANGAN YANG BESAR MENUJU IKHLAS"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo