Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

TIDAK BOLEH MEMBUANG SISA MAKANAN DI Tempat Najis

TIDAK BOLEH MEMBUANG SISA MAKANAN DI KAMAR MANDI

Syaikh Shaleh alfawzan hafizhahullah

Pertanyaan:

Apakah membuang sisa makanan berupa lauk dan sayuran pada saluran air itu dosa atau haram yang  tertentu, khususnya karena tidak didapati tempat untuk membuang sisa tersebut?

📂Jawaban:

Tidak boleh membuang sesuatu dari makanan pada tempat yang kotor dan najis seperti kamar mandi, sebab perbuatan ini termasuk bentuk membuang dengan sia-sia dan berbuat buruk terhadap nikmat serta tidak bersyukur kepada Allah ta'ala. Karena,
➡Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mendapat kurma di sebuah jalan lalu bersabda: (Kalaulah tidak aku khawartikan kurma ini termasuk sedekah, tentu aku sudah memakannya),
➡Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan seorang yang makan
menjilat jarinya sebelum dicuci atau dibersihkan dengan sapu tangan,
➡dan memerintahkan mengambil suapan ketika jatuh dan membersihkan kotoran diatasnya lalu memakannya.

Hal ini menunjukkan atas tidak bolehnya membuang sesuatu dari makanan atau kurma ataupun berupa makanan pada tempat yang kotor dan najis namun suatu nikmat yang hendaknya dijaga, dihargai dan diperhatikan karena hal itu termasuk mensyukurinya dan karena nikmat itu boleh jadi datang orang yang membutuhkannya lalu memakannya meskipun dari hewan, sehingga membuangnya di tempat pembuangan kotoran tidak boleh, dan dengan ini kita tahu bahayanya apa yang dilakukan sebagian orang yang boros, mereka membuat banyak makanan melebihi yang dibutuhkan kemudian membuangnya di sampah, kotak sampah atau kotoran yang ini termasuk penghinaan terhadap nikmat Allah ta'ala dan tetmasuk pemborosan yang diharamkan Allah sehingga wajib atas  kaum muslimin memperhatikan hal itu.

💻🔍
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=67884&page=2

📝Abu Zulfa Anas

🌈WHATSAPP AL-UKHUWWAH

🇸🇦
لا يجوز إلقاء بقايا الطعام في الحمامات
* هل في إلقاء بقايا الأكل من الإدام والخضار في دورات المياه ذنب أو حرمة خاصة، وخاصة بأنه لا يوجد مكان لإلقاء تلك الفضلات؟

- لا يجوز إلقاء شيء من الطعام في المحلات القذرة والمحلات النجسة كالحمامات، لأن هذا فيه إهدار وإساءة إلى النعمة وعدم شكر الله. وقد وجد النبي صلى الله عليه وسلم تمرة في الطريق وقال: (لولا أني أخشى أن تكون من الصدقة لأكلتها) وأمر صلى الله عليه وسلم الآكل بلعق أصابعه قبل أن يغسلها أو يمسحها بالمنديل وأمر بأخذ اللقمة إذا سقطت وأماطة ما عليها وأكلها. فدل هذا على أنه لا يجوز إلقاء شيء من الطعام أو من التمر أو من المأكولات في المحلات القذرة والنجسة بل النعم تصان وتحترم ويحتفظ بها لأن ذلك من شكرها ولأن هذه النعم ربما يأتي من يحتاجها ويأكلها ولو من البهائم فإلقاؤها في المزابل لا يجوز. وبهذا نعلم خطورة ما يرتكبه بعض المسرفين الذين يعملون الأطعمة الكثيرة التي تزيد عن الحاجة ثم يلقونها في القمامات، وفي صناديق القمامة، أو في القاذورات هذا من الاستهانة بنعم الله ومن الإسراف الذي حرمه الله فيجب على المسلمين أن يتنبهوا لذلك.

      🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾


📚Ahlussunnah Ngawi 📝

0 Response to "TIDAK BOLEH MEMBUANG SISA MAKANAN DI Tempat Najis"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo