Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KURANG MENELITI KEADAAN CALON MEMPELAI PRIA TERMASUK SEBAB BANYAKNYA PERCERAIAN

KURANG MENELITI KEADAAN CALON MEMPELAI PRIA TERMASUK SEBAB BANYAKNYA PERCERAIAN

Asy-Syaikh Muhammad Bazmul hafizhahullah

Terlintas dalam benak saya bahwa kurangnya keluarga dalam menanyakan dan mencari tahu keadaan pria yang melamar sebelum menyetujui untuk menikahkannya dengan wanita yang ada di bawah perwalian mereka merupakan salah satu sebab banyaknya perceraian yang diamati pada hari ini, karena sesungguhnya jika keluarga mau sedikit merasakan keletihan dalam menanyakan tentang keadaan calon mempelai pria dan berusaha meneliti, hal ini setelah taufiq dari Allah akan lebih membuat mereka selamat dari berbagai masalah di kemudian hari bersama suami dari wanita yang ada di bawah perwalian mereka.

Kurangnya dalam hal itu memang tidak saya pastikan bahwa hal itu akan menyebabkan perceraian, tetapi itu merupakan sebab. Mungkin saja memang tidak menyebabkan perceraian, namun bisa menimbulkan berbagai masalah dan kegelisahan dalam bergaul dengan pria tersebut.

Oleh karena itulah, maka sepantasnya bagi keluarga untuk mengerahkan seluruh kemampuan mereka dalam menanyakan keadaan pria yang melamar anak perempuan mereka atau wanita yang ada di bawah perwalian mereka, dan seharusnyalah wanita tersebut mau mendengarkan dan mentaati serta tidak menolak dengan perasaan dan semangat yang pada akhirnya keduanya tidak berguna sama sekali ketika muncul berbagai masalah dan urusan telah rusak.

Hanya kepada Allah saja kita memohon pertolongan dan hanya kepada-Nya kita bersandar.

ﺧﻄﺮ ﻓﻲ ﺑﺎﻟﻲ... ﺃﻥ ﺗﻘﺼﻴﺮ ﺍﻷﻫﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ﻋﻦ ﺍﻟﺨﺎﻃﺐ ﻭﺍﻻﺳﺘﻌﻼﻡ ﻋﻨﻪ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻤﻮﺍﻓﻘﺔ ﻋﻠﻰ ﺗﺰﻭﻳﺠﻪ ﺑﻤﻮﻟﻴﺘﻬﻢ ﻫﻮ ﺳﺒﺐ ﻣﻦ ﺃﺳﺒﺎﺏ ﻛﺜﺮﺓ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﺍﻟﻤﺮﺻﻮﺩﺓ ﺍﻟﻴﻮﻡ، ﻓﺈﻥ ﺍﻷﻫﻞ ﺇﺫﺍ ﺗﻌﺒﻮﺍ ﻗﻠﻴﻼً ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ﻋﻦ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻭﺗﺤﺮﻭﺍ ﻭﺗﺜﺒﺘﻮﺍ ﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﺃﺣﺮﻯ ﺑﻌﺪ ﺗﻮﻓﻴﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺴﻠﻤﻮﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺸﺎﻛﻞ ﻣﺴﺘﻘﺒﻼ ﻣﻊ ﺯﻭﺝ ﻣﻮﻟﻴﺘﻬﻢ.

ﻭﺍﻟﺘﻘﺼﻴﺮ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻻ ﺃﺟﺰﻡ ﺃﻧﻪ ﻳﻮﻗﻊ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻟﻜﻦ ﻫﻮ ﺳﺒﺐ، ﻭﻗﺪ ﻻ ﻳﻮﻗﻊ ﻓﻲ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻟﻜﻦ ﻗﺪ ﻳﻮﻗﻊ ﻓﻲ ﻣﺸﺎﻛﻞ ﻭﻗﻠﻖ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻌﺎﻣﻞ ﻣﻊ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺮﺟﻞ.

ﻭﻟﺬﻟﻚ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻫﻞ ﺃﻥ ﻳﺒﺬﻟﻮﺍ ﻭﺳﻌﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ﻋﻦ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺍﻟﺬﻱ ﺗﻘﺪﻡ ﻻﺑﻨﺘﻬﻢ ﺃﻭ ﻣﻮﻟﻴﺘﻬﻢ، ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﻥ ﺗﺴﻤﻊ ﻭﺗﻄﻴﻊ ﻭﻻ ﺗﻨﺪﻓﻊ ﺑﻌﺎﻃﻔﺔ ﻭﺣﻤﺎﺱ ﻻ ﻳﺠﺪﻳﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ ﺷﻴﺌﺎً ﺇﺫﺍ ﻭﻗﻌﺖ ﺍﻟﻤﺸﺎﻛﻞ ﻭﻓﺴﺪ ﺍﻷﻣﺮ.
ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺴﺘﻌﺎﻥ ﻭﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺘﻜﻼﻥ.

🌍 Sumber || https://twitter.com/momalbaz/status/855389655457558528

⚪ WhatsApp Salafy Indonesia
⏩ Channel Telegram || http://bit.ly/ForumSalafy

💎💎💎💎💎💎💎💎💎

0 Response to "KURANG MENELITI KEADAAN CALON MEMPELAI PRIA TERMASUK SEBAB BANYAKNYA PERCERAIAN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo