Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HUKUM SHALAT SEBELUM WAKTU YANG DITENTUKAN DALAM KALENDER

HUKUM SHALAT SEBELUM WAKTU YANG DITENTUKAN DALAM KALENDER

💎Mufti: Syaikh Ibnu Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Dia mengajukan pertanyaan lain, dan dia berkata: “Saya mendengar dari seseorang yang berkata:“ Boleh bagi seorang Muslim untuk shalat 'Isya sebelum waktu yang ditentukan dalam kalender. Apakah ini benar, dan jika itu benar, apa dalilnya?Mohon beri tahu kami, barakallahu fykum.

Jawaban:
Tidak diperbolehkan bagi siapa pun untuk sholat lima waktu sebelum kalender shalat, sebelum waktunya, tetapi ia harus mematuhi kalender yang ditentukan sehingga sholat tidak dilakukan bukan pada waktunya, kecuali ia tahu bahwa penentuan waktu itu bertentangan dengan waktu syar'i, seperti saat di padang pasir ia melihat waktu shubuh telah terbit--fajar shadiq--sebelum waktu di  kalender, maka ia shalat. Atau dia melihat matahari terbenam saat ia di padang pasir, maka ia shalat jika matahari terbenam dan ia tidak berpegang dengan waktu shalat kalender.

❗Tetapi jika dia tidak memiliki pengetahuan, dia terikat oleh kalender, karena kalender telah diupayakan dengan sungguh-sungguh oleh sebuah komite dan telah diurus untuk kepentingan umat Islam dan untuk kenyamanan mereka. Ini wajib untuk dipatuhi pada seluruh waktunya kecuali dalam kasus seseorang yang mengetahui bahwa waktu shalat telah masuk  sebelum waktu kalender. Sebagaimana yang kami contohkan, seperti seseorang yang ada di padang pasir saat bepergian dan ia memiliki jadwal shalat, namun ia melihat waktu shubuh telah jelas sebelum waktu kalender, atau ia melihat waktu kalender lebih awal dan waktu shubuh belum tampak, maka jangan berpegang dengan kalender tetapi ia bersandar dengan tanda waktu shubuh. Jika waktu kalender lebih awal menunjukkan waktu Shubuh sedangkan ia berada di padang pasir, maka jangan shalat sampai jelas tanda shubuh. Sebaliknya jika kalender waktu shalat Shubuh lebih lambat dan ia melihat tanda waktu Shubuh bertentangan dengan kalender dan telah tampak jelas cahaya yakni waktu shubuh sebenarnya, maka ia berpegang dengan apa yang ia lihat dan jangan ia mempedulikan kalender. Demikian pula saat Maghrib, Zhuhur, dan Ashar, jika ia melihat matahari telah tergelincir dari tengah langit sebelum kalender, maka berpeganglah dengannya. Atau ia melihat matahari telah tenggelam sebelum kalender, ia melihatnya dengan pandangannya, berpeganglah dengannya.Ya.

Pembawa acara: Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan.

🌎
https://binbaz.org.sa/fatwas/15636/%D8%AD%D9%83%D9%85-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9-%D9%82%D8%A8%D9%84-%D8%A7%D9%84%D9%88%D9%82%D8%AA-%D8%A7%D9%84%D9%85%D8%AD%D8%AF%D8%AF-%D9%81%D9%8A-%D8%A7%D9%84%D8%AA%D9%82%D9%88%D9%8A%D9%85

📱http://t.me/ukhwh

السؤال:
يسأل سؤالًا آخر فيقول: سمعت من أحد الأشخاص قولًا، وهو: يجوز للمسلم أن يصلي صلاة العشاء قبل الوقت المحدد لها في التقويم، فهل هذا صحيح، وإن كان صحيحًا فما هو الدليل على ذلك؟ أفيدونا بارك الله فيكم.
الجواب:
ليس لأحد أن يصلي الصلوات الخمس قبل التقويم، قبل الوقت، بل عليه أن يتقيد بالتقويم الموضوع؛ حتى لا يوقع الصلاة في غير وقتها، إلا إذا علم أن التوقيت مخالف للوقت الشرعي كالذي في الصحراء مثلًا، ورأى الصبح قد طلع -الصبح الصادق- قبل التقويم يصلي، أو رأى الشمس غربت قبل التقويم وهو في الصحراء يصلي إذا غربت الشمس ولا عليه من التقويم. أما إذا كان ما عنده علم يتقيد بالتقويم؛ لأن التقويم قد اجتهدت به لجنة واعتنت به لمصلحة المسلمين، ولراحتهم، فالواجب التقيد به في جميع الأوقات، إلا في حق من علم أن الوقت قد دخل قبل التقويم، كما مثلنا كالذي مثلًا في الصحراء في السفر ومعه التقويم؛ لكن رأى الصبح قد بان واتضح قبل التقويم، أو رأى التقويم مبكر والصبح ما بعد خرج، فلا يعتمد التقويم، بل يعتمد الصبح، فإذا كان التقويم قد بكر وهو في الصحراء يشوف الصبح؛ لا يصلي حتى يتضح الصبح، وإذا كان التقويم قد تأخر، ورأى الصبح خالف التقويم وطلع ضوء بين، الصبح الصادق يعتمد ما رآه، ولا يهمه التقويم، كذلك في الغروب والظهر والعصر إذا رأى أن الشمس قد زالت قبل التقويم؛ اعتمد ذلك، أو رآها قد غربت قبل التقويم، يراها بعينه اعتمد ذلك، لا بأس. نعم.
المقدم: جزاكم الله خيرًا.

0 Response to "HUKUM SHALAT SEBELUM WAKTU YANG DITENTUKAN DALAM KALENDER"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo