Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Tentang Membunuh Semut

Tentang Membunuh Semut

Berkata al-'Allamah Rabi' bin Hadi al-Madkhaly -hafidzohulloh- ketika membahas aqidah ahlussunnah pada permasalahan iman terhadap adanya Qishash diantara semua mahkluk pada hari kiamat kelak.

"Dan demikian diharamkan kedzoliman terhadap para binatang, baik itu terhadap unta, sapi, maupun kambing, demikian pula diharamkan membunuh semut. Sebagaimana disebutkan didalam shahih muslim "Bahwasannya ada seorang nabi sedang melakukan tidur siang dibawah sebuah pohon, beliau berteduh dibawahnya, kemudian ada seekor semut yang menggigitnya. Kemudian seorang nabi tersebut memerintahkan untuk membakar pohon itu, yaitu pohon yang padanya terdapat pula semut-semut yang lainnya. Maka Allah pun mencela nabi tersebut, "Apakah mungkin Aku menyukai perbuatanmu ketika seekor semut menggigitmu lantas engkau membunuh seluruh semut yang lainnya ? yang mereka itu bertasbih kepada Allah ?" -'alaihish sholatu wa sallam-

dan pada hari kiamat kelak orang-orang yang didzolimi akan meminta qishash terhadap orang-orang yang mendzolimi mereka.

Dan berkata syaikh rabi -hafidzohulloh- pada hukum membunuh semut yang menganggu dirumah : "Demi Allah inilah yang dilakukan kebanyakan manusia, dan aku termasuk yang melarang dari perbuatan demikian sebagaimana hadits dihadapanku, maka aku tidak bisa untuk berfatwa tentang bolehnya membunuh semut".

Kitab "'Aunul Baari syarhus sunnah lil barbahari (1/359-361)

📌 قال العلامة ربيع المدخلي حفظه الله في عقيدة أهل السنة في الإيمان بالقصاص يوم القيامة بين الخلق كلهم:

[وكذلك حرم الظلم للحيوانات من الإبل والبقر والغنم وحرم حتى قتل النمل، وذكر كما في صحيح مسلم (أن نبيا قَال تحت شجرة وقت القيلولة، استظل بها فقرصته نملة فأمر بإحراق هذه الشجرة، يعني وما فيها من النمل، فعتب الله عليه، "أفيَّ أن قرصتك نملة أهلكت أمة من الأمم تسبح) عليه الصلاة والسلام، ويوم القيامة يتقص للمظلومين من الظالمين.

📌 وقال حفظه الله في حكم قتل النمل المؤذي في البيت:
والله هذا يفعله الناس، وأنا في حرج من هذا، الحديث يقف أمامي، فما أقدر أفتي بجواز قتل النمل].

عون الباري شرح السنة للبربهاري (١/ ٣٥٩-٣٦١).

https://goo.gl/3P66Bx

0 Response to "Tentang Membunuh Semut"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo