Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Menutup Pintu Menjelang Maghrib

Menutup Pintu Menjelang Maghrib

TANYA JAWAB ILMU SYAR'I

°°°°°°°°
🏷 Pertanyaan dari bapak Taufik

Afwan, tentang hadits menutup jendela di malam hari apa mutlaq harus dilakukan atau jika ada udzur misal panasnya udara khususnya di masjid yang tentu banyak orang dan "ungkep/gerah" sehingga tidak cukup dengan kipas angin saja.Dengan udzur semacam ini apa boleh bagi kita membuka jendela khususnya pas waktu sholat di malam hari...?

~~~~~

Al Ustadz Abu Muadz Qasim hafidzahullah menjawab:

🍂 Mungkin yang dimaksud hadis berikut:

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ ، وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا ، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

“Jika malam mulai datang atau kalian berada di petang hari, maka tahanlah anak-anak kalian di dalam rumah, karena  ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka biarkan mereka jika ingin keluar. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula tempat minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya.Juga matikanlah lampu-lampu kalian”. (Bukhari-Muslim)

Dari hadis di atas ,poin yang hendak dimaksud berkenaan menutup pintu dan jendela adalah ketika awal masuk malam, maghrib s.d isya. Waktu itulah tahan anak anak dari bermain di luar rumah.

Maka jika sudah masuk isya, maka lihat pada ucapan beliau :
'" Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka biarkan mereka bila ingin keluar. "

Ini juga berlaku untuk menutup pintu dan jendela,jika sudah berlalu sesaat dari waktu yang disebut di hadis,maka tidak mengapa dibuka jika ada keperluan.

Tambahan faedah, bila rumah anda memiliki pagar yang menutupi rumah dari jalan maka Asy Syaikh Al Utsaimin berpendapat tidak mengapa cukup menutup pintu gerbang saja jika memasuki waktu maghrib.Dalam arti,tidak apa apa pintu rumahnya terbuka asal gerbangnya tertutup di saat tersebut.

Wallahu a'lam.

_____

Publikasi

*📲 WA ILMU SYAR'I📚*
https://t.me/CTIS_ChannelTelegramIlmuSyari

📚📚📚📚📚📚📚📚📚

0 Response to "Menutup Pintu Menjelang Maghrib"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo