Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HUKUM MEREMEHKAN NASEHAT KEPADA ANAK KECIL SAMPAI DEWASA

HUKUM MEREMEHKAN NASEHAT KEPADA ANAK KECIL SAMPAI DEWASA

🕌 Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan :
Beberapa orang mengatakan: anak ini masih kecil, insya Allah ia akan dewasa dan bertaubat kepada Allah atau akan mengerti dan akan demikian ?

Jawaban :
Tidak boleh. Sikap seperti ini tidak pantas. Yang wajib adalah berusaha dengan keras terhadapnya dan menasehatinya. Siapa yang mengatakan kepadanya bahwa anak itu akan tumbuh dewasa ?! Bisa jadi ia akan mati saat berumur enam belas atau tujuh belas tahun. Tidak boleh, ini kesalahan. Ini menunda-nunda, termasuk taat kepada setan.

Yang wajib adalah bersegera bertaubat meskipun anak berumur tujuh belas tahun atau delapan belas atau enam belas.
Artinya, kapan saja ia mencapai umur dewasa wajib baginya.  Meskipun ia belum berumur dewasa, ia dididik sehingga terbiasa dengan kebaikan. Ia tidak dibiarkan di atas kemaksiatan, meskipun delapan atau sembilan tahun. Ia tidak dibolehkan minum khamr, tidak dibolehkan mencela kedua orang tuanya, dan tidak dibolehkan bermain sesuatu yang membahayakan orang lain, ia dilarang meskipun masih kecil.

📑 Fatawa ad Durus

http://t.me/ukhwh

🇸🇦Teks Arab

حكم التهاون في نصح الصغار حتى يكبروا
السؤال
بعض الناس يقول : هذا الابن صغير؛ إن شاء الله يَكْبُر ويتوب إلى الله أو يَعْقِل أو كذا؟
الجواب
لا، ما يصلح هذا، الواجب جهاده ونصيحته، من يقول له أنه يكبر؟! قد يموت وهو ابن ستة عشر سنة أو سبعة عشر، لا، هذا غلط، هذا تسويف، من طاعة الشيطان.

الواجب البِدار بالتوبة ولو هو ابن سبعة عشر أو ثمانية عشر أو ستة عشر، المقصود أنه متى بلغ الحُلُم وَجَب عليه، حتى إنه قبل بلوغ الحُلُم يؤدَّب؛ حتى يعتاد الخير، ما يترك على المعاصي ولو أنه ثمان ولا تسع، ما يُسمح له يشرب الخمر، ولا يسمح له يسب والديه، ولا يُسمح له يعبث بشيء يضر الناس، يُمنع ولو أنه صغير.

0 Response to "HUKUM MEREMEHKAN NASEHAT KEPADA ANAK KECIL SAMPAI DEWASA"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo