Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

SEORANG IBU YANG MENGHALAU ANAK-ANAKNYA DI TENGAH SHALAT

✔🔲✋🔄 SEORANG IBU YANG MENGHALAU ANAK-ANAKNYA DI TENGAH SHALAT

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baz رحمه الله

📪Pertanyaan: Ketika saya melaksanakan shalat, sebagian anak-anak saya bermain di hadapanku dan ada yang menarik kerudung di kepalaku sehingga terkadang rambutku kelihatan. Saya berusaha menarik kerudung itu dari bawah agar saya bisa melanjutkan shalat. Akibatnya, saya melakukan banyak gerakan, kadang dengan cara menjauhkan mereka atau mengembalikan kerudungku di atas kepala dan badanku. Juga saya terkadang menunggu anak yang menaiki punggungku bahkan terkadang saya menghalau mereka sehingga saya harus bergerak beberapa langkah ke depan atau belakang.

☝Walaupun saya sudah mengingatkan mereka, tetapi karena mereka masih kecil, maka mereka belum paham. Terkadang membuat saya sangat marah di tengah-tengah shalat dan saya menghalau mereka sekuat tenaga agar bisa melanjutkan shalat. Apa hukum perbuatan saya ini?

🔓Jawaban:

🔘 Perbuatanmu ini baik dan merupakan bentuk jihad bahkan patut untuk disyukuri.

⏩Jika memungkinkan bagimu untuk shalat di tempat yang jauh dari mereka sehingga selamat dari gangguan mereka, misalnya shalat di kamar yang agak jauh dari mereka, maka ini lebih selamat.

👋Dan kalau tidak memungkinkan, maka perbuatanmu tadi tidak mengapa. Gerakanmu untuk menghalau mereka tidak mengapa, demikian juga rambut yang terkadang nampak tetapi kemudian kamu kembalikan lagi kerudungmu yang menutupi rambutmu, tidak mengapa.

✔Dan telah ada hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya pada sebagian shalat beliau, ketika beliau sujud, Hasan dan Husain menaiki punggung beliau hingga beliau memanjangkan sujudnya dikarenakan naiknya mereka ke atas punggung beliau dan beliau mengatakan: “Aku tidak ingin menjauhkan dia.”

🔗Maka kesimpulannya, mengurusi anak kecil ketika shalat baik itu menghalau gangguan mereka atau yang semisalnya tidaklah membahayakan shalat, in sya Allah, dan juga tidak berdosa.

💻 http://www.binbaz.org.sa/node/14403

✒ Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

💡📝 Sumber: http://forumsalafy.net/?p=11152

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿

0 Response to "SEORANG IBU YANG MENGHALAU ANAK-ANAKNYA DI TENGAH SHALAT"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo