Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KETAWADHU'AN IMAM AHMAD BIN HAMBAL

📃📃📃📃📃📃📃📃

KETAWADU'AN IMAM AHMAD BIN HAMBAL رحمه الله

➡Berkata Yahya bin Ma'in rahimahullah:

Aku tidak pernah melihat (seseorang) seperti Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, kami bersama beliau selama 50 tahun dalam keadaan beliau rahimahullah tidak pernah membanggakan kesholihan dan kebaikan yang ada pada diri beliau terhadap kami dan beliau rahimahullah berkata: kami adalah kaum yang miskin (dalam hal kesholihan dan kebaikan).

➡Berkata Al Hafidz:

Kami melihat Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah masuk ke pasar Baghdad untuk membeli kayu bakar dan beliau rahimahullah membawa kayu bakar tersebut di atas pundaknya. Maka ketika manusia melihatnya, toko-toko dan warung-warung ditinggal oleh para pemiliknya dan orang-orang yang sedang berjalan berhenti di jalan-jalan mereka kemudian mereka memberikan salam kepada beliau rahimahullah dan mereka berkata: biar kami yang membawa kayu bakar tersebut. Maka bergetarlah tangan beliau rahimahullah, memerah wajahnya dan kedua matanya berlinang air mata kemudian beliau rahimahullah berkata: kami adalah kaum yang miskin (dalam hal kesholihan dan kebaikan) kalau bukan Allah Ta'ala yang menutupi niscaya akan tersingkaplah kejelekan-kejelekan kami.

➡Datang seseorang untuk memuji Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, maka Imam Ahmad rahimahullah berkata kepadanya: Allah Ta'ala sebagai saksi, sesungguhnya aku membencimu dari apa-apa yang engkau ucapkan. Seandainya engkau mengetahui dosa-dosa dan kesalahan-kesalahanku yang ada padaku niscaya engkau akan menuangkan debu di atas kepalaku.

➡Dan beliau rahimahullah berkata: duhai kiranya saya tidak mengenal kemasyhuran/popularitas.

➡Duhai kiranya saya berada di salah satu lembah dari lembah-lembah Makkah yang manusia tidak mengetahui keberadaan saya.

Al Hilyah li Abi Nu'aim (9/181).

==================

📢ﻗﺎﻝ ﻳﺤﻴﻲ ﺑﻦ ﻣﻌﻴﻦ-
     رحمه الله-:🔉

⭕ﻣﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﻣﺜﻞ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ، ﺻﺤﺒﻨﺎﻩ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﺳﻨﺔ ﻣﺎ ﺍﻓﺘﺨﺮ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﺑﺸﻲﺀ ﻣﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺡ ﻭ ﺍﻟﺨﻴﺮ، ﻭﻛﺎﻥ ﺭﺣﻤه ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻘﻮﻝ :ﻧﺤﻦ ﻗﻮﻡ ﻣﺴﺎﻛﻴﻦ.

📡ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﻔﺎﻅ : ﺭﺃﻳﻨﺎ ﺍﻹﻣﺎﻡ أحمد ﻧﺰﻝ ﺇﻟﻰ ﺳﻮﻕ ﺑﻐﺪﺍﺩ، ﻓﺎﺷﺘﺮﻯ ﺣﺰﻣﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﻄﺐ، ﻭﺟﻌﻠﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻛﺘﻔﻪ ، ﻓﻠﻤﺎ ﻋﺮﻓﻪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ، ﺗﺮﻙ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻤﺘﺎﺟﺮ ﻣﺘﺎﺟﺮﻫﻢ ، ﻭﺃﻫﻞ ﺍﻟﺪﻛﺎﻛﻴﻦ ﺩﻛﺎﻛﻴﻨﻬﻢ ، ﻭﺗﻮﻗﻒ ﺍﻟﻤﺎﺭﺓ ﻓﻲ ﻃﺮﻗﻬﻢ ، ﻳﺴﻠﻤﻮﻥ ﻋﻠﻴﻪ ، ﻭﻳﻘﻮﻟﻮﻥ : ﻧﺤﻤﻞ ﻋﻨﻚ ﺍﻟﺤﻄﺐ ، ﻓﻬز ﻳﺪﻩ ،ﻭﺍﺣﻤﺮ ﻭﺟﻬﻪ ،ﻭﺩﻣﻌﺖ ﻋﻴﻨﺎﻩ
🔊ﻭﻗﺎﻝ ﻧﺤﻦ ﻗﻮﻡ ﻣﺴﺎﻛﻴﻦ ، ﻟﻮﻻ ﺳﺘﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻻﻓﺘﻀﺤﻨﺎ.

💢ﺃﺗﻰ ﺭﺟﻞ ﻟﻴﻤﺪﺡ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺣﻤﺪ رحمه الله،
ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺣﻤﺪ :
ﺃﺷﻬﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻧﻲ ﺃﻣﻘﺘﻚ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻜﻼﻡ ،ﻭﺍﻟﻠﻪ  ﻟﻮ ﻋﻠﻤﺖ ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻱ ﻣﻦ ﺍﻟﺬﻧﻮﺏ ﻭﺍﻟﺨﻄﺎﻳﺎ ﻟﺤﺜﻮﺕ ﻋﻠﻰ ﺭﺃﺳﻲ ﺑﺎﻟﺘﺮﺍﺏ.

📡ﻭﻛﺎﻥ ﻳﻘﻮﻝ :ﻳﺎ ﻟﻴﺘﻨﻲ ﻣﺎ ﻋﺮﻓﺖ ﺍﻟﺸﻬﺮﺓ،

📌ﻳﺎ ﻟﻴﺘﻨﻲ ﻓﻲ ﺷﻌﺐ ﻣﻦ ﺷﻌﺎﺏ ﻣﻜﺔ ﻣﺎ ﻋﺮﻓﻨﻲﺍﻟﻨﺎﺱ.

📚 ﺍﻟﺤﻠﻴﺔ لأبي نعيم ‏
( 9/181)

📀 W S C

0 Response to "KETAWADHU'AN IMAM AHMAD BIN HAMBAL"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo