Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Penutup : Doa dan Shalawat Nabi

Serial Kajian Aqidah :
PENJELASAN SYARHUS SUNNAH KARYA IMAM AL-MUZANI رحمه الله

✏️ Oleh Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman حفظه الله

🔷🔹🔹8⃣7⃣🔹🔹🔷

🔰 PENUTUP

Al-Muzani rahimahullah menyatakan:

فَمَنْ يُسِّرَ لِهَذَا فَإِنَّهُ مِنَ الدِّيْنِ عَلَى هُدَى وَمِنَ الرَّحْمَةِ عَلَى رَجَاءٍ وَوَفَّقَنَا اللهُ وَإِيَّاكَ إِلَى سَبِيْلِهِ اْلأَقْوَمِ بِمَنِّهِ الْجَزِيْلِ اْلأَقْدَمِ وَجَلاَلِهِ الْعَلِيِّ اْلأَكْرَمِ وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَركَاتُهُ وَعَلَى مَنْ قَرَأَ عَلَيْنَا السَّلاَمُ وَلاَ يُنَالُ سَلاَمُ اللهِ الضَّالِّيْنَ وَالْحَمْدُ لله رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ نَجَزَتِ الرِّسَالَةُ بِحَمْدِ اللهِ وَمَنِّهُ وَصَلَوَاتُهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ وَسَلَّمَ كَثِيْرًا كَثِيْرًا

Barangsiapa yang dimudahkan dengan hal ini, maka ia berada di atas petunjuk dalam beragama, dan diharapkan mendapatkan rahmat (Allah). Semoga Allah memberi taufiq kepada kita menuju jalan-Nya yang lurus dengan karuniaNya yang berlimpah sejak dahulu, dan dengan KemulyaanNya yang Tinggi. Semoga keselamatan, rahmat, dan keberkahan (dari) Allah tercurah untuk kalian. Salam kami untuk orang yang membacanya. Keselamatan dari Allah tidaklah mengenai orang yang sesat. Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Telah selesai risalah ini dengan pujian kepada Allah dan dengan karuniaNya, semoga sholawat-Nya untuk Muhammad, keluarga, para Sahabat-nya, dan para istri beliau yang suci, dan semoga keselamatan (dari Allah) untuk mereka semua dengan keselamatan yang sangat banyak.

📢 PENJELASAN:

Al-Imam Abu Ibrahim Ismail bin Yahya al-Muzani rahimahullah menutup risalah ini dengan menyatakan bahwa barangsiapa yang dimudahkan oleh Allah untuk menjalankan hal-hal tersebut maka ia berada di atas petunjuk dalam beragama dan diharapkan mendapatkan rahmat (yang khusus) dari Allah Azza Wa Jalla.
Al-Muzani menyatakan : barangsiapa yang dimudahkan…

Itu menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki daya dan kemampuan kecuali jika ditolong dan dimudahkan oleh Allah. Karenanya, hanya kepada Allahlah kita berharap agar dimudahkan untuk menjalankan ketaatan kepadaNya.
Seorang Sahabat pernah bertanya kepada Nabi, apakah amalan yang akan menghantarkan seseorang kepada surga. Rasulullah shollallahu alaihi wasallam menjawab:

بَخٍ ، بَخٍ سَأَلْتَ عَنْ عَظِيمٍ ، وَهُوَ يَسِيرٌ لِمَنْ يَسَّرَهُ اللَّهُ لَهُ ، أَقِمِ الصَّلاةَ الْمَكْتُوبَةَ ، وَأَدِّ الزَّكَاةَ الْمَفْرُوضَةَ ، وَلاَ تُشْرِكْ بِاللَّهِ شَيْئًا

Bakh, bakh (ungkapan takjub). Engkau telah bertanya sesuatu hal yang agung. Itu adalah mudah bagi orang yang Allah mudahkan. Tegakkan sholat yang diwajibkan, tunaikan zakat yang diwajibkan, dan janganlah berbuat syirik kepada Allah (diriwayatkan oleh atThobarony, dishahihkan oleh Ibnu Hibban)

Kemudian al-Muzani mendoakan beliau dan pembaca sekalian dengan kebaikan-kebaikan: limpahan taufiq, keselamatan, rahmat, dan keberkahan, dan beliau tutup dengan sholawat dan salam kepada Rasulullah shollallahu alaihi wasallam, segenap Sahabat, dan istri-istri Nabi yang suci.

Demikianlah, seharusnya setiap permohonan doa kita kepada Allah ditutup dengan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam.

كُلُّ دُعَاءٍ مَحْجُوْبٌ حَتَّى يُصَلَّى عَلَى النَّبِىِّ

Seluruh doa tertutup sampai dibacakan sholawat untuk Nabi (H.R atThobarony, alBaihaqy, dihasankan oleh Syaikh al-Albany)

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan rahmat, taufiq, kepada kita semua agar dapat berakidah dan beramal sesuai dengan Nabi dan para Sahabatnya.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وأصحابه أجمعين

[Alhamdulillah, selesai sudah bab terakhir dari Serial Kajian Aqidah ini. Semoga bermanfaat.]

📝 disalin dari buku "AKIDAH IMAM AL-MUZANI" halaman 354-356.

〰〰〰〰〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡

0 Response to "Penutup : Doa dan Shalawat Nabi"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo