Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Nikmat Persahabatan Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala 2

Silsilah Rambu-Rambu Pertemanan 3

Nikmat Persahabatan Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala (Bag. 2)

🌈💎 Persahabatan yang dilakukan karena Allah subhanahu wa ta'ala dan di jalan Allah subhanahu wa ta'ala akan mendatangkan banyak keutamaan bagi seorang muslim. Diantara keutamaan tersebut:

3⃣. Allah subhanahu wa ta'ala mencintai orang-orang yang saling mencintai di jalan-Nya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:

إِنَّ رَجُلًا زَارَ أَخًا لَهُ فِي قَرْيَةٍ، فَأَرْصَدَ اللهُ تَعَالَى عَلَى مَدْرَجَتِهِ مَلَكًا، فَلَمَّا أَتَى عَلَيْهِ الْمَلَكُ قَالَ: أَيْنَ تُرِيدُ؟ قَالَ: أَزُورُ أَخًا لِي فِي هَذِه الْقَرْيَةِ. قَالَ: هَلْ عَلَيْكَ مِنْ نِعْمَةٍ تَرُبُّهَا؟ قَالَ: لَا، إِلاَّ أَنِّي أَحْبَبْتُهُ فِي اللهِ. قَالَ: فَإِنِّي رَسُولُ اللهُ إِلَيْكَ أَنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ أَحَبَّكَ كَمَا أَحْبَبْتَهُ لَهُ

Ada seseorang yang mengunjungi saudaranya di negeri yang lain. Maka Allah subhanahu wa ta'ala mengutus malaikat di belakangnya. Ketika malaikat ini sampai ke orang tersebut, malaikat bertanya, “Engkau akan berangkat kemana?” Orang tersebut menjawab, “Aku ingin mengunjungi saudaraku di jalan Allah subhanahu wa ta'ala.” Malaikat berkata, “Apakah dia memiliki kenikmatan/harta yang engkau kerjakan untuknya?” Dia menjawab, “Tidak. Hanya saja aku mencintainya karena Allah subhanahu wa ta'ala.” Malaikat berkata, “Aku adalah utusan Allah subhanahu wa ta'ala kepadamu. Sesungguhnya Allah l mencintaimu sebagaimana engkau telah mencintai temanmu di jalan-Nya.” (HR. Muslim no. 2567)

4⃣. Cinta karena Allah subhanahu wa ta'ala sebab merasakan manisnya iman

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجِدَ طَعْمَ الْإِيْمَانِ فَلْيُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا لِلهِ

“Barangsiapa yang ingin merasakan nikmatnya iman hendaknya tidak mencintai seseorang kecuali karena Allah l.” (HR. Ahmad. Dihasankan oleh Asy-Syaikh Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6164)

5⃣. Seseorang akan dikumpulkan bersama orang yang dicintainya

Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu 'anhu: Datang seseorang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, seseorang mencintai satu kaum namun tidak bisa menyamai amalan mereka?” Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:

الْمَرْءُ عَلَى مَنْ أَحَبَّ

“Seseorang akan bersama orang yang dicintainya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

6⃣. Cinta di jalan Allah subhanahu wa ta'ala termasuk keimanan dan menyebarkan salam adalah sebab untuk mendapatkannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلَنْ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ؟ افْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga hingga beriman dan tidak sempurna iman kalian hingga saling mencintai. Maukah aku kabarkan satu amalan jika kalian amalkan kalian akan saling mencintai? (Yakni) Sebarkan salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, “Makna sabda beliau: Tidak sempurna iman kalian hingga saling mencintai, adalah ‘Tidak sempurna iman kalian dan tidak bagus iman kalian kecuali dengan saling mencintai’.” (Lihat Ni’matul Ukhuwah hal. 5-13)

🔊🍃 Wahai hamba Allah subhanahu wa ta'ala, marilah kita jaga persaudaraan (persahabatan) di jalan Allah subhanahu wa ta'ala, karena ini merupakan bentuk syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Ibrahim: 7)

👍📚 Mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta'ala menambah erat persaudaraan dan kerukunan kita di atas Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman salafus shalih.

📝 🌍 Ditulis oleh: Al-Ustadz Abdurrahman Mubarak hafidzahulloh. Dikutip dari http://asysyariah.com/nikmat-persahabatan-karena-allah/

〰〰〰〰〰〰〰
📚WA Salafy Kendari 📡

0 Response to "Nikmat Persahabatan Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala 2"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo