Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Pergantian Gigi pada Anak

✏ 📮 ✏ 📮 ✏ 📮 ✏

بسم الله الرحمن الرحيم

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
📚 Kumpulan Tanya jawab 📚
          Majmu'ah BIKUM

📱🍃📱🍃📱🍃📱🍃📱.                  Oleh: drg. Joko Wijanarko.                          ❓Pertanyaan:

Anak ana usia 7,5 th. Tp gigi susuny belum ada yg tanggal. Apakah tidak apa-apa? Apakah pengaruh konsumsi kalsium yg banyak sewaktu hamil dan menyusui dulu  dg lama tanggalny gigi  susu anak?

Jawaban:
👉Mulainya gigi susu anak tanggal dan berganti dengan gigi dewasa berkisar usia ± 6 tahun. Pada usia 6-7 tahun gigi depan bawah mulai tumbuh, berlanjut pada usia 7-8 tahun gigi depan atas akan tumbuh pula.
Namun, pada kasus anak yang telah disebutkan, anak telah mencapai usia 7,5 tahun, telah melampui batas rentang usia pergantian gigi. Hal tersebut masih terdapat usia kompensasi 1 tahun untuk menunggu keterlambatan pergantian gigi,  hingga anak berusia 8 tahun. Jika memungkinkan mulai saat ini orang tua bisa segera mengkonsultasikan hal tersebut ke Dokter Gigi terdekat atau Dokter Gigi Spesialis Gigi Anak (Drg., SpKGA) yang mungkin ada di kota ibu.

Setelah dilakukan pemeriksaan klinis secara menyeluruh, dokter gigi juga akan melakukan foto rontgen panoramik gigi untuk mengetahui ada tidaknya benih gigi dewasa dan kondisi rongga mulut yang lain.

Jika tidak ada kelainan apapun yang menghambat gigi dewasa untuk erupsi/tumbuh dan memang sudah ada benih gigi tetap-nya, maka Dokter Gigi hanya akan mengobservasi saja. Sedangkan jika tidak dijumpai benih gigi dewasanya, maka akan dilanjutkan terapi lanjutan yang diperlukan.

Proses penundaan pergantian gigi ini biasa disebut delayed eruption of permanent tooth (keterlambatan erupsi gigi permamen/dewasa).

Salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi (salah satunya kalsium), saat hamil dan saat usia masa tumbuh kembang anak.
Faktor yang lain yaitu bayi yang lahir prematur atau berat badan bayi kurang, trauma pada gigi susu, resorpsi yang kurang pada akar gigi susu, ankilosis pada gigi susu (mengerasnya tulang yang melekat pada akar gigi) sehingga sulit tanggal, tumor, kelainan endokrin (sistem hormonal) dan faktor yang lain.

والله أعلم بالصواب

▪•▪•▪•▪•▪
✏Catatan:
Disarankan agar juga mengambil jawaban dari dokter lain secara langsung (dg tatap muka) dan pemeriksaan lengkap, Karena banyaknya keterbatasan kami.

والله أعلم بالصواب

🍂Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

🍯 Majmu'ah BIKUM 🍯

▪NB : Dr Joko termasuk ikhwah yang aktif ikut kajian di karanganyar alhamdulillah

0 Response to "Pergantian Gigi pada Anak"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo