Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

DOKUMENTASI PIDATO SERUAN JIHAD BUNG TOMO TAHUN 1945 MELAWAN PENJAJAH INGGRIS

🇮🇩🇮🇩 1945 🇮🇩🇮🇩
DOKUMENTASI PIDATO SERUAN JIHAD BUNG TOMO TAHUN 1945 MELAWAN PENJAJAH INGGRIS
(JAS MERAH = JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH)

Inilah transkrip pidato Bung Tomo di radio menjelang 10 November 1945, yang membangkitkan dan mengobarkan semangat jihad kaum Muslimin Indonesia:

“Bismillahirrahmanirrahim.
Merdeka!!
Saudara-saudara, rakyat jelata di seluruh Indonesia, terutama saudara-saudara penduduk kota Surabaya.

Kita semuanya telah mengetahui bahwa hari ini tentara Inggris telah menyebarken pamflet-pamflet, yang memberiken suatu ancaman kepada kita semuanya.
Kita diwajibken untuk dalam waktu yang mereka tentuken menyerahken senjata-senjata yang telah kita rebut dari tangannya tentara Jepang.
Mereka telah minta supaya kita dateng kepada mereka itu dengan mengangkat tangan.
Mereka telah minta supaya kita semua dateng kepada mereka itu dengan membawa bendera putih tanda bahwa kita menyerah kepada mereka.

Saudara-saudara, di dalam pertempuran-pertempuran yang lampau, kita sekalian telah menunjukken bahwa rakyat Indonesia di Surabaya, pemuda-pemuda yang berasal dari Maluku, pemuda-pemuda yang berasal dari Sulawesi, pemuda-pemuda yang berasal dari pulau Bali, pemuda-pemuda yang berasal dari Kalimantan, pemuda-pemuda dari seluruh Sumatra, pemuda Aceh, pemuda Tapanuli, dan seluruh pemuda Indonesia yang ada di Surabaya ini, di dalam pasukan-pasukan mereka masing-masing dengan pasukan-pasukan rakyat yang dibentuk di kampung-kampung telah menunjukken satu pertahanan yang tidak bisa dijebol, telah menunjukken satu kekuatan sehingga mereka itu terjepit dimana-mana.

Hanya karena taktik yang licik daripada mereka itu saudara-saudara, dengan mendatangken Presiden dan pemimpin-pemimpin lainnya ke Surabaya ini maka kita tunduk untuk memberhentiken pertempuran. Tetapi pada masa itu mereka telah memperkuat diri, dan setelah kuat sekarang inilah keadaannya.

Saudara-saudara,
Kita semuanya, kita bangsa Indonesia yang ada di Surabaya ini akan menerima tantangan tentara Inggris itu.

Dan kalau pimpinan tentara Inggris yang ada di Surabaya ingin mendengarken jawaban rakyat Indonesia. Ingin mendengarken jawaban seluruh pemuda Indonesia yang ada di Surabaya ini, dengarkanlah ini, tentara Inggris!
Ini jawaban kita!
Ini jawaban rakyat Surabaya!
Ini jawaban pemuda Indonesia kepada kau sekalian!

“Hai, tentara Inggris, kau menghendaki bahwa kita ini akan membawa bendera putih untuk takluk kepadamu. Kau menyuruh kita mengangkat tangan datang kepadamu. Kau menyuruh kita membawa senjata-senjata yang telah kita rampas dari tentara Jepang untuk diserahkan kepadamu. Tuntutan itu, walaupun kita tahu bahwa kau sekalian mengancam kita untuk menggempur kita dengan seluruh kekuatan yang ada. Tetapi inilah jawaban kita:

“Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih, merah dan putih, maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga.

Saudara-saudara rakyat Surabaya, siaplah, keadaan genting. Tetapi saya peringatken sekali lagi, jangan mulai menembak. Baru kalau kita ditembak maka  kita akan ganti menyerang mereka itu. Kita tunjukken bahwa kita ini benar-benar orang-orang yang ingin merdeka. Dan untuk kita saudara-saudara, lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Semboyan kita tetap, “Merdeka atau Mati.”

Dan kita yakin saudara-saudara pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita, sebab Allah selalu berada di pihak yang benar. Percayalah saudara-saudara Tuhan akan melindungi kita sekalian.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar!! Merdeka!!”

(((((📣

0 Response to "DOKUMENTASI PIDATO SERUAN JIHAD BUNG TOMO TAHUN 1945 MELAWAN PENJAJAH INGGRIS"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo