Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Adakah Doa Saat Sendawa dan Menguap

Doa Saat Sendawa dan Menguap

❓Pertanyaan:
[ Syaikh yang mulia,adakah dzikir/doa yang harus diucap jika seseorang sendawa atau menguap?]

====

✒ Al Allamah Asy Syaikh Al Utsaimin rahimahullah menjawab:

" Tidak ada.Ini berbeda dengan kebiasaan umumnya orang yang jika sendawa mengucapkan : "Alhamdulillah"!

Memang pujian untuk Allah berlaku atas semua keadaan.Hanya saja tidak ada dalil pasti yang menerangkan bahwa sendawa merupakan sebab mengucap Alhamdulillah.

Begitupun orang umumnya jika menguap berucap: "audzu billahi minasy syaithonirrojim."
Perkara ini tak ada dalilnya,tidak terkabar bahwa Nabi shalallahu alaihi wa sallam pernah berbuat seperti itu.

🌻Tapi mungkin ada yang berkata: "Bukannya sendawa merupakan nikmat?Bukannya dengan nikmat itu Allah berhak dipuji?"

Kita jawab: "Iya,memang itu nikmat.Tetapi tidak ada contoh Nabi bertahmid setelah sendawa.Jika tidak ada dasarnya dari Nabi sholallahu alaihi wa sallam maka itu tidak disyariatkan.

Hal ini berdasar dari kaedah yang dikenal para ulama: 《 Setiap perkara yang ada sebabnya di jaman Rasul sholallahu alaihi wasallam tetapi beliau tidak mengerjakannya,maka itu bukan sunnah.Karena apa yang dikerjakan beliau merupakan sunnah dan yang beliau tinggalkan juga sunnah 》

💦 Maka di jaman beliau juga ada sendawa tetapi Rasul shalallahu alaihi wasallam tidak bertahmid setelahnya.Oleh karenanya,tidak mengucap alhamdulillah sesudah sendawa merupakan sunnah.

💐 Begitu pun taawudz dari syaithon saat menguap.Mungkin ada yang berkata: "Sesungguhnya Rasul sholallahu alaihi wasallam pernah bersabda bahwa menguap itu dari syaithon.Allah Taala juga berfirman dalam Al A'raf : 200 yang artinya: 《Dan jika syaithon datang menggodamu maka berlindunglah pada Allah》

Maka kita jawab: "Sesungguhnya makna ayat di atas ialah jika engkau berkeinginan untuk bermaksiat atau meninggalkan kewajiban maka berlindunglah kepada Allah karena perkara keji itu asalnya dari syaithon.Sebagaimana firmanNya yang artinya: 《Syaithon lah yang menakuti kalian dengan kefaqiran dan memerintah kalian dengan perbuatan keji.》
Maka jika godaan muncul,berlindunglah pada Allah.

Adapun menguap maka Rasul sholallahu alaihi wasallam bersabda: 《Menguap itu dari syaithon.Jika salah satu dari kalian menguap maka tahanlah jika mampu.Jika pun tidak mampu menahan maka dia tutupkan tangannya pada mulut.》

Beliau tidak berkata : 《Jika salah satu kalian menguap maka ucapkan taawwudz》.... Padahal beliau bersabda bahwa menguap itu dari syaithon.Maka ini menunjukkan bahwa taawwudz saat menguap bukan termasuk sunnah."

---------------------------------

السؤال : فضيلة الشيخ ! إذا تجشأ الإنسان أو تثاءب ، فهل هناك ذكر معين يقوله ؟

الجواب : لا . إذا تجشأ الإنسان أو تثاءب فليس له ذكر ، خلافًا للعامة ، فالعامة إذا تجشئوا يقولون : الحمد لله ! والحمد لله على كل حال ؛ لكن لم يرد أن التجشؤ سبب للحمد ، كذلك إذا تثاءبوا قالوا : أعوذ بالله من الشيطان الرجيم ، وهذا لا أصل له ، ولم يرد عن النبي - عليه الصلاة والسلام - أنه كان يفعل ذلك .

لكن قد يقول قائل : أليس التجشؤ نعمة ، والنعمة يستحق الله - عز وجل - عليها الحمد ؟

قلنا : بلى . هو نعمة ؛ لكن لم يرد عن النبي - عليه الصلاة والسلام - أنه كان يحمد الله إذا تجشأ ، وإذا لم يرد فإنه ليس مشروعًا بناء على قاعدة معروفة عند العلماء ، وهي : أن كلَّ شيء وُجِد سببه في عهد الرسول - عليه الصلاة والسلام - فلم يفعله ففعلُه ليس بسنة ؛ لأن فعل الرسول - صلى الله عليه وسلم - سنة وتركه سنة ، فالتجشؤ موجود ، ولم يكن الرسول - صلى الله عليه وسلم - يحمد الله عليه . إذًا : تركُ الحمد هو السنة .كذلك الاستعاذة من الشيطان الرجيم عند التثاؤب قد يقول قائل : إن الرسول - صلى الله عليه وسلم – قال :  التثاؤب من الشيطان . وقد قال الله تعالى : وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنْ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ . {سورة الأعراف ، الآية : 200} .

قلنا : إن المراد بقوله تعالى : وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنْ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ، أنك إذا هممتَ بمعصية أو بترك واجب فاستعذ بالله ؛ لأن الأمر بالفحشاء من الشيطان، الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمْ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ . سورة البقرة ، )الآية : 268 ( .

فإذا حصل هذا النـزغ فاستعذ بالله .أما التثاؤب فإن الرسول - عليه الصلاة والسلام - قال :  التثاؤب من الشيطان ، فإذا تثاءب أحدُكم فليَكْظِم ما استطاع ، فإن عجز فليضع يده على فيه  .

ولم يقل : إذا تثاءب أحدكم فليستعذ بالله ، مع أنه قال :التثاؤب من الشيطان ،
فدل هذا على أن الاستعاذة بالله من الشيطان الرجيم عند التثاؤب ليست بسُنَّة. "
---------------------------------------

📒Silsilah Liqa Baab Al Maftuh juz 22

¤ Abu Mas'ud Jarot afallahu anhu

🌻ANNASHOOIH ASSALAFIYYAH

0 Response to "Adakah Doa Saat Sendawa dan Menguap"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo