Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

MENYIMPAN PAKAIAN-PAKAIAN SI MAYIT

MENYIMPAN PAKAIAN-PAKAIAN SI MAYIT

❓Asy-syeikh Shaleh Alu Fauzan hafizhahullah ditanya:

Bolehkah menyimpan pakaian-pakaian si mayit? Dan jika hal itu tidak boleh maka apakah yang lebih utama yang harus dilakukan?

✍🏻 beliau menjawab:

"Boleh mememanfaatkan pakaian-pakaian si mayit bagi orang yang memakainya dari kalangan keluarganya atau diberikan kepada orang yang mau memakainya dari kalangan orang yang membutuhkannya dan jangan disobek-sobek, bagaimanapun juga ia termasuk harta peninggalannya (harta waris), jika ia bernilai maka ia menjadi harta peninggalannya yang disertakan kepada harta peninggalannya dan menjadi milik ahli warisnya.

Dan menyimpannya untuk kenang-kenangan tidak boleh dan tidaklah pantas, terkadang bisa menjadi haram jika tujuannya ialah ngalap berkah dengan pakaian-pakaian tersebut dan yang semisal itu, kemudian juga terhadap hal ini ialah menyia-nyiakan harta karena harta harus dimanfaatkan dan tidak boleh dijadikan sesuatu yang tertahan yang tidak dimanfaatkan."

📚[al-muntaqa (2/287-288)]

🔖سئل الشيخ صالح آل فوزان حفظه الله تعالى ونفعنا بعلمه :

📝✍🏻هل يَجوز الاحتفاظ بِملابس الميت ؟ وإن لَم يكن ذلك جائزاً ، فما هو الأفضل أن يفعل بِهَا ؟

🔘 *فأجاب حفظه الله*:

▫يَجوز الانتفاع بِملابس الميت لِمن يلبسها من أسرته أو أن تعطى لِمن يلبسها من المُحتاجين ولا تهدر ، وعلى كل حال هي من التركة إذا كانت ذات قيمة فإنها تصبح من التركة تلحق بتركته وتكون للورثة.

▫والاحتفاظ بِهَا للذكرى لا يَجوز ولا ينبغي ، وقد يَحرم إذا كان القصد منها التبرك بهذه الثياب وما أشبه ذلك ، ثُمَّ أيضًا لِهذا إهدار للمال لأن المَال ينتفع به ولا يُجعل مَحبوسًا لا ينتفع به .

📚المنتقى ( 287- 288/ 2 )

_____________________________

📶 https://telegram.me/salafykolaka

0 Response to "MENYIMPAN PAKAIAN-PAKAIAN SI MAYIT"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo