Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Asy syeikh Shafiyurrahman Al mubarakfury rahimahullah memberikan saksi terhadap Asy syeikh Rabi dengan kematangan dan kekokohan di dalam ilmu

Asy-syeikh Shafiyurrahman Al-mubarakfury rahimahullah memberikan saksi terhadap Asy-syeikh Rabi dengan  kematangan dan kekokohan di dalam ilmu 🌹

✍ berkata Fadhillatusy syeikh Doktor Abdullah bin Abdurrahim Al-Bukhari hafizhahullah (19 muharram 1435 H):

"Adapun Asy-syeikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury juga aku telah menuntut ilmu kepadanya dan aku membacakan kepadanya kutubus sittah (enam kitab induk) dan kami melewati sejumlah faidah darinya, dan kami memperbanyak pembacaan kitab Al-jami (jami/sunan tirmidzi rahimahullah) dan sebagian kitab-kitab nahwu dan sharf yang masyhur di negeri India, dan juga pada sebagian kitab-kitab akidah dan selainnya, yakni aku mulazamah kepadanya sekitar dua tahun kira-kira, dan Asy-syeikh adalah orang yang banyak diam; ya, mencintai sunnah dan membelanya.

Aku teringat tatkala aku bertanya kepadanya tentang guru kita Asy-syeikh Rabi; dikarenakan Asy-syeikh pernah tinggal di India beberapa tahun di Benaris kira-kira sekitar tujuh tahun Asy-syeikh Rabi disana, dan pada waktu itu aku mengira beliau menulis kitab yaitu risalahnya (tesis) di dalam program magister (antara dua imam yakni Muslim dan Daruquthni), dan terbitan/cetakan pertama kitab tersebut adalah yang ada padaku, terbitan/cetakan pertama ialah cetakan yang dicetak disana di Benaris pada Maktabah Salafiyah Benaris di India.

Ia berkata: Asy-Syeikh Rabi menugaskan aku mengawasi penerbitannya dikarenakan ia meninggalkannya dan Asy-syeikh telah kembali (ke Arab Saudi) lalu aku mengawasi penerbitan risalah tersebut disana; ia berkata: senantiasa aku teringat kata-kata beliau rahimahullah: aku tidak pernah berharap hingga aku mengawasi risalah tersebut dan risalah tersebut sudah diterbitkan/cetak bahwa Asy-syeikh menceburkan diri  -seperti ini yang ia katakan-  bahwa Asy-syeikh menceburkan diri dan mendalami ilmu ilal (Ilmu tentang sebab cacatnya sebuah hadits) hingga sampai derajat ini hingga aku mengawasi risalah tersebut dan aku mengetahui kematangan dan kekokohannya di dalam ilmu.

Selesai

✒ ditranskrip oleh Abu Abdurrahman Usamah, 13 shafar 1435 H

الشَّيخ صفيّ الرحمن المباركفوري -رحمه الله-
يشهد للشَّيخ ربيع بالتَّضلُّع والتَّمكُّن في العلم

قال فضيلة الشّيخ الدّكتور عبد الله بن عبد الرّحيم البُخاريّ -حفظهُ اللهُ- (19 / مُحرّم / 1435هـ):

أمّا الشّيخ صفيّ الرّحمن المباركفوري أيضًا هذا تَتَلْمَذْتُ عليهِ قَرَأْتُ عليهِ في الكُتب السّتّة ومرَرْنا على جُملةٍ منهَا، وأكثَرْنا من الجامع (جامع التّرمذيّ -رَحِمَهُ اللهُ-) وبعض كُتب النّحو والصّرف المُشتهرة في بلاد الهند، وأيضًا: في بعضِ كُتُب العقيدة وغيرها، يعني لازمته حول سنتين تقريبًا، وكان الشّيخ كثير الصّمت؛ نعم، ومُحِبّا للسُّنّة نصيرا لها.

أذكُر لمّا سألته عن شيخنا الشّيخ ربيع؛ لأنّ الشّيخ بَقِيَ في الهند سنوات في بنارس تقريبًا نحو 7 سنوات الشّيخ ربيع كان هُنَاك، وكان في ذاك الوقت أظنّ كتبَ الكِتاب رسالته في الماجستير (بين الإمامين مسلم والدارقطني)، وأوّل طبعة للكتاب هيَ التي عندي، أوّل الطّبعات طبعة طُبعت هناك في بنارس في المكتبة السّلفيّة في بنارس في الهند.

يقول: وكّلنِي الشّيخ ربيع الإشراف على طباعتها -لأنّه تركها ورجع الشّيخ- فأشرفتُ على طباعة الرِّسالة هُنَاك؛ قال -لا زلتُ أذكرُ كَلِمَتَهُ رحمهُ اللهُ-: لَمْ أَكُن أتوقّعُ إلى حين أن أشرفتُ على الرِّسالة فهيَ تُطبع أنّ الشّيخ توغّل -هكذا يقول- أنّ الشّيخ توغَّلَ وَتَغَلْغَلَ في عِلْمِ العِلَل حتّى هذه الدّرجة حتّى أشرفتُ على هذه الرِّسالة وَعَرْفْتُ تَضَلُّعَهُ وتمكُّنَهُ فِي العلم.اهـ (1)

(للاستماع والتحميل)

(رابط آخر مباشر)

فرّغه:/ أبو عبد الرحمن أسامة
13 / صفر / 1435هـ
ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ ـــــــــــــــــــ
(1) من لِّقاءِ فضيلة الشّيخ الدُّكتور: عبد الله بن عبد الرّحيم البُخاريّ -حفظه الله- مع بعض طلبة العِلْم الإماراتِيِّين؛ وكان ذلك يوم: 19 / مُحرّم / 1435هـ

_____________________________

📶 https://telegram.me/salafykolaka

0 Response to "Asy syeikh Shafiyurrahman Al mubarakfury rahimahullah memberikan saksi terhadap Asy syeikh Rabi dengan kematangan dan kekokohan di dalam ilmu"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo