Dalil Dalil Haramnya Gambar Mahluk Bernyawa Atau Foto
يقول الشيخ النجمي رحمه الله:
"التصوير لا يجوز
لقول النبي صلى الله عليه وسلم:" أشد الناس عذابا يوم القيامة المصورون يقال لهم أحيو ما خلقتم". وفي الحديث الٱخر" من صور صورة كلف أن ينفخ فيها الروح وليسة بنافخ" وفي الحديث الثالث وهو قدسي يقول فيه النبي صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه" فمن أظلم ممن ذهب يخلق كخلقي فليخلقوا ذرة فليخلقوا شعيرة". وهذه الأحاديث تدل على تحريم التصوير لما فيه روح سواء كانت الصورة مجسمة أو غير مجسمة وسواء كان التصوير باليد أو بالألة. وقد زعم قوم أن التصوير لما لا ظل له أي لغير الصور المجسمة أن ذلك جائز، إلا أنه زعم لا يستند الى دليل. وإنما هو مجاراة للواقع وترك للنصوص الشرعية التي أمرنا الله بالتحاكم إليها والخضوع لحكمها. ويرد عليهم بما رواه البخاري أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم من سفر ووجد عائشة قد سترت سهوة لها بقرام أي ثوب فيه صور، فوقف ولم يدخل. فقالت أعوذ بالله من غضب الله ورسوله. فقال يا عائشة إن الذين يصورون هذه الصور يعذبون بها يوم القيامة يقال لهم أحيو ما خلقتم، ثم أمر بهتكه" هذا أو معناه. وفيه دليل على ان الصورة التي لا ظل لها محرمة كذات الظل لأن الصور التيى في الثوب ليس لها ظل وهذا هو القول الصحيح. ومن جنح عنه فإنما يفعل ذلك لهوى في نفسه.
وقد اختلف في تصوير ما لا روح فيه كالجبال والأشجار والأدوية وما أشبه ذلك فأجاز ذلك ابن عباس لمن سأله وقال له:" إن كنت لا بد فاعلا فصور ما لا روح فيه. واحتج من منع بالحديث القدسي " فليخلقوا ذرة فليخلقوا ذرة فليخلقوا شعيرة" والاولى أن يقال بجواز تصوير ما يصنعه الانسان كالبيوت و السيارات والطائرات والسلاح وغير ذلك. ويجتنب مخلوقات الله وإن كان مما لا روح فيه والله اعلم .
صفحة 44 ،45 الجزء الأول من كتاب فتح الرب الودود في الفتاوى والرسائل والردود
مكتبة الفرقان
Dalil Dalil Haramnya Gambar Mahluk Bernyawa Atau Foto ⛵
✍🏾 Syaikh Yahya Bin Ahmad An Najmy Rohimahulloh Berkata ✍🏾:
🌺Menggambar mahluk bernyawa tidak boleh, berdasar sabda Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam:
أشد الناس عذابا يوم القيامة المصورون. يقال لهم: أحيوا ما خلقتم
Orang paling keras siksanya di hari kiamat adalah yang menggambar (mahluk bernyawa). Dikatakan kepada mereka: hidupkanlah apa yang kalian ciptakan".
🌻Di dalam hadits yang lain Nabi bersabda:
من صور صورة كلف أن ينفخ فيها الروح وليست بنافخ
Siapa menggambar (mahluk bernyawa) dituntut untuk meniupkan ruh pada gambarnya, tetapi ia tidak mampu meniupkannya.
🌷Hadits ketiga yaitu hadits qudsi, Nabi bersabda dalam perkataan yang diriwayatkan dari Robbnya:
فمن أظلم ممن ذهب يخلق كخلقي. فليخلقوا ذرة فليخلقوا شعيرة
Siapa yang lebih dholim daripada orang yang berusaha mencipta seperti ciptaanKu. Cobalah ia mencipta tepung jagung atau cobalah mencipta tepung gandum.
🌹Hadits hadits ini menunjukkan haramnya membuat gambar mahluk bernyawa. Baik gambar yang berjasad maupun yang tidak berjasad, baik menggambarnya dengan tangan atau dengan alat (kamera).
💐Sebagian orang menganggap bahwa membuat gambar yang tidak punya bayangan (bukan gambar timbul atau patung atau arca - pen) yakni gambar tidak berjasad adalah boleh. Hanya saja ini anggapan yang tidak bersandar kepada dalil. Ia hanyalah mengikuti kebiasaan yang berjalan dan menyelisihi nash syariat yang Alloh memerintahkan kita untuk kita berhukum kepadanya dan tunduk patuh terhadap hukumnya.
🌼Dan anggapan mereka ini dibantah oleh hadits riwayat Imam Al Bukhory bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam ketika pulang dari safar beliau mendapati Ibunda Aisyah menutupi kamarnya dengan tirai yakni yang bergambar mahluk bernyawa. Maka Nabi berhenti dan tidak mau masuk. Ibunda Aisyah pun berkata: "Aku berlindung kepada Alloh dari murka Alloh dan RosulNya". Kata Rosululloh: "Hai Aisyah, sesungguhnya orang orang yang membuat gambar gambar ini akan disiksa karenanya di hari kiamat. Dikatakan kepada mereka: Hidupkanlah apa yang kalian ciptakan". Kemudia Rosul memerintahkan untuk merobeknya.
Demikian itu atau yang semakna.
🍁Dalam hadits ini terdapat dalil bahwa gambar yang tidak punya bayangan (bukan gambar timbul di kain atau kertas atau yang lain - pen) pun diharamkan seperti yang punya bayangan (gambar timbul). Karena gambar yang di kain itu tidak punya bayangan. Itulah pendapat yang benar. Siapa yang berpaling darinya, ia hanyalah melakukannya berdasar hawa nafsunya.
🍄Para ulama beda pendapat terkait gambar yang tidak bernyawa seperti gunung, pohon pohon atau lembah lembah dan semisalnya. Sahabat mulia Ibnu Abbas membolehkannya kepada orang yang bertanya kepada beliau. Kata beliau kepadanya: "Jika kamu mesti melakukannya maka gambarlah yang tidak bernyawa".
🌾Sedangkan ulama yang melarang dari menggambar mahluk tidak bernyawa berdalil dengan hadits qudsi di atas: "Cobalah ia mencipta tepung jagung atau mencipta tepung gandum".
👍🏾Maka yang lebih utama dikatakan: Boleh menggambar barang barang buatan manusia seperti rumah atau mobil, pesawat, senjata atau yang lain. Dan menjauhi menggambar mahluk mahluk Alloh meskipun yang tidak bernyawa.
Wallohu a'lam.
📕 Disadur dari kitab
فتح الرب الودود غي الفتاوى والرسائل والردود 44 - 45
مكتبة الفرقان
📼 Copas dari grup
مرحبا يا طالب العلم
Alih bahasa:
FIK 🌺🌺🌺Abu Yahya
وفقنا وإياكم لما يحب ويرضاه
0 Response to "Dalil Dalil Haramnya Gambar Mahluk Bernyawa Atau Foto"
Posting Komentar