Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

PERKATAAN ULAMA SEPUTAR MASALAH GAMBAR ATAU FOTO

PERKATAAN ULAMA SEPUTAR MASALAH GAMBAR ATAU FOTO

وهذا كلام أهل العلم فى مسألة التصوير

▪ الــسؤال :
هل التصوير الفوتوغرافي يدخل في حكم التصوير باليد والتصوير المحسوس أم لا ؟

الــجواب:

القول الصحيح الذي دلت عليه الأدلة الشرعية وعليه جماهير العلماء أن أدلة تحريم تصوير ذوات الأرواح تضم التصوير الفتوغرافي واليدوي مجسماً أو غير مجسم لعموم الأدلة.

اللجنة الدائمة للإفتــاء

الــمَــصـــــــدر:
www.alifta.net/Fatawa/fatawaDetails.aspx?BookID=2&View=Page&PageNo=1&PageID=971

قال الشيخ العلامة/
عــبدالعزيز  بن بــاز رحمه  الله :

وأنا أحرج على كل من نقل عني مقالاً أن يضع صورتي فأنا لا أسامحه ولا أبيح وضع صورتي، كل من كتب عني أنا أحرجه أن يضع صورتي ولا أرضى بذلك؛ لأني أعتقد أنه لا يجوز التصوير مطلقاً، فأنا أقول لكل من نقل عني في أي مجلة أو في أي جريدة لا أبيحه ولا أسامحه أن يضع صورتي، هذا الذي أقوله لإخواني جميعاً وأنصح به إخواني جميعاً وأبلغكم إياه أني لا أرضى أن توضع صورتي مع أي مقال أو فتوى تنشر عني.

هذا اعتقادي وإن كان التصوير قد يحتاجه بعض الناس في مثل التابعية والجواز ورخصة القيادة، هذا شيء آخر قد يقال إن صاحبه مضطر أو مكره فيعفى عنه إن شاء الله، لأنه مضطر إلى التابعية ونحوها، لكن نقل المقالات في الصحف ليس هناك ضرورة إلى وضع صورة صاحبها، صاحب المقال معروف وإن لم توضع صورته.

الــمصــدر

www.binbaz.org.sa/node/21610

من فتاوى
الشيخ العلامة / محمد صالح العثيمين
رحمه الله تعالى

حكم التصوير والاحتفاظ بالصور للذكرى

  السؤال:

طيب جزاكم الله خيراً. السائل حسن حسين يقول: أنا شاب أحب التصوير والاحتفاظ بالصور، ولا تمر مناسبة إلا وأقوم بالتقاط الصور للذكرى وهذه الصورة أحفظها داخل ألبوم، وقد تمر شهور دون أن أفتح هذا ألبوم وأنظر للصور، ما حكم هذه الصور التي أقوم بتصويرها والاحتفاظ بها؟

~ الجواب:

الشيخ: الواجب عليك أن تتوب إلى الله عز وجل مما صنعت، وأن تحرق جميع الصور التي تحتفظ بها الآن؛ لأنه لا يجوز الاحتفاظ بالصور للذكرى، فعليك أن تحرقها من حين أن تسمع كلامي هذا، وأسأل الله لي ولك الهداية والسلامة مما يكره.

المصدر: سلسلة فتاوى نور  على الدرب للشيخ العلامة ابن عثيمين
رحمه الله تعالى - الشريط رقم [370]
العقيدة > الصور وأحكامها

  المقطع الصوتي
http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/Lw_370_42.mp3

حكم وضع الصور الشخصية في الشبكات الاجتماعية ؟

الشيخ العلامة
عبيد  الجابري-حفظه الله

السؤال :

يسأل عن حكم الصور الشخصية وضع الصور الشخصية في الأعضاء بالنسبة للمنتديات وخصوصًا صفحات الفيس بوك وتويتر؟

الجواب

أقول صور ذوات الأرواح محرم وهو من الكبائر قال رسول الله-صلى الله عليه وسلم- ((أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمُصَوِّرُونَ))
وأخبر -صلى الله عليه وسلم-  أنه يُجعل للمصور لكل صورة صورها نفس فيقال: انفخ فيه الروح وليس بنافخ، ولعل أبا زياد يذكرنا هذا في اللقاء القادم لأن الأمر يستدعي التفصيل وبهذا يعلم أنه لا يجوز نشر صور الشخص نشر في تويتر أو في الأندية، الجهة المسئولة حينما تطلب منه يعني صورًا لغرض معين من جهة مسئولة كالمرور والأمن والجهات الحكومية التي يتعين فيها الشخص فيكون هذا بقدر الضرورة أو بقدر الحاجة ولا يتجاوز ذلك.

  المصدر  :
[http://ar.miraath.net/fatwah/4378]

لا يجوز نشر صور قتلى وجرحى المسلمين ] الشيخ صالح الفوزان - حفظه الله -

السؤال:
هل يجوز حثُّ المسلمين على التبرُّع لإخوانهم بنشر صور القتلى والجرحى من إخوانهم المسلمين؟!

الجواب:

"هذا العملُ غير مناسب، لا يجوز إقامة الصُّور للجرحى؛
كن يُدعى المسلمون للتصدُّق على إخوانهم،
ويُبلَّغون أنَّ إخوانهم مضيَّق عليهم،
وأنَّهم يجري عليهم ما يجري من فعْل اليهود دونَ .أن يعرضوا صُورًا،
أو يعرضوا جرحى؛
لأنَّ هذا فيه استعمال للتصوير،
وأيضًا في هذا تكلُّفٌ لم يأمرِ الله - تعالى - به،
وفيه أيضًا تفتيتٌ لعضد المسلمين؛
لأنَّه حينما تُعْرض صور مسلم ممثل به، أو مقطع الأعضاء أمامَ النَّاس،
فهذا ممَّا يُرعِب المسلمين، ويُرهبهم مِن فِعْل الأعداء،
والواجبُ على المسلمين ألاَّ يُظهروا الضعفَ، وألاَّ يُظهروا الإصاباتِ، وألاَّ يُظهروا هذه الأمورَ،
بل يكتمونها حتَّى لا يَفتُّوا في عضد المسلمين"؛

"الإجابات المهمة (2/105) للشيخ صالح الفوزان".

☝🏾Tanya: Apakah gambar fotografi termasuk dalam hukum gambar dengan tangan dan gambar yang bisa diraba ataukah tidak?

👉🏾 LAJNAH DA'MAH LIL IFTA' menjawab:
Perkataan yang benar yang ditunjukkan oleh dalil syari dan yang dijalani oleh jumhur ulama adalah bahwa dalil dalil tentang haramnya gambar mahluk bernyawa itu mencakup gambar fotografi maupun gambar tangan, baik gambar yang berjasad maupun tidak berjasad, berdasarkan keumuman dalil dalil tersebut.

👍🏾  SYAIKH 'ALLAMAH 'ABDUL 'AZIZ BIN BAZ rohimahulloh barkata:
Saya keberatan terhadap setiap orang yang menyampaikan perkataan perkataan dari saya untuk melampirkan foto saya.
Maka saya tidak mengizinkan dan tidak memperbolehkan untuk melampirkan foto saya.
Saya keberatan terhadap siapa saja yang menulis perkataan dari saya, untuk  ia melampirkan foto saya dan saya tidak ridho.
Karena saya meyakini bahwasannya gambar mahluk bernyawa itu tidak boleh secara mutlak.
Maka saya katakan kepada siapa saja yang menyampaikan dari saya di majalah mana saja, di koran mana saja: saya tidak membolehkan dan tidak mengizinkan untuk melampirlan foto saya.
Itu yang saya katakan kepada saudara semuanya. Dan saya nasehatkan kepada semua saudara saya, saya sampaikan kepada kalian perkataan saya ini bahwa saya tidak ridho untuk disertakan foto saya bersama perkataan atau fatwa saya lalu disebarkan bahwa itu dari saya.
Itu keyakinan saya. Meskipun sebagian orang kadang membutuhkan foto dalam hal semisal paspor atau kartu identitas. Maka ini perkara lain. Bisa dikatakan orangnya terpaksa atau dipaksa. Maka dimaafkan baginya in syaa Alloh. Karena terpaksa butuh kepada paspor atau yang semisal.
Akan tetapi menyampaikan perkataan orang di koran itu tidak ada daruratnya untuk melampirkan foto orangnya. Orang yang mngeluarkan perkataan itu ma'ruf walaupun tanpa dilampirkan fotonya.

👉🏾 FATWA SYAIKH 'ALLAMAH MUHAMMAD BIN AL UTSAIMIN rohinahulloh

HUKUM GAMBAR (FOTO) DAN MENYIMPAN GAMBAR (FOTO) UNTUK KENANGAN

☝🏾Tanya : Jazaakumullohu khoiron. Saya Hasan Husain bertanya: saya seorang pemuda yang suka foto foto dan mentimpannya. Tidak lewat satu momen pun melainkan saya ambil gambar untuk kenangan. Dan foto foto itu saya simpan di dalam album. Kadang berlalu berbulan bulan album tersebut tidak saya buka untuk saya lihat foto fotonya.
Apa hukum foto foto yang saya ambil itu dan saya simpan?

👍🏾 SYAIKH MUHAMMAD BIN SHOLIH UTSAIMIN menjawab:
Wajib atasmu untuk bertobat kepada Alloh 'Azzaw wa Jalla dari perbuatanmu itu. Dan wajib kamu membakar semua foto foto yang sekarang ini kamu simpan. Karena tidak boleh menyimpan foto foto untuk kenangan. Maka wajib atasmu untuk membakarnya sejak kamu mendengar keteranganku ini.
Dan saya mohon kepada Alloh bagiku dan bagimu hidayah dan keselamatan dari hal hal yang tidak disukai (olehNya)

☝🏾Tanya: Saya bertanya tentang hukum foto seseorang yang dipajang sebagai anggota grup, terkhusus pada profil pada facebook atau twiter?

👍🏾 SYAIKH 'ALLAMAH UBAID ALJABIRY hafidhohulloh menjawab:
Saya katakan:
Gambar mahluk bernyawa adalah harom dan termasuk dosa besar. Rasululloh shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:
أشد الناس عذابا يوم القيامة المصورون
Orang yang paling keras siksanya di hari kiamat adalah orang orang yang menggambar (mahluk bernyawa)
Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam juga memberitakan bahwa orang yang menggambar (mahluk bernyawa ini) bagi setiap gambarnya dibuatkan ruh (oleh Alloh) lalu ia diperintah: Tiupkan ruh ini kepadanya. Maka ia tidak mampu meniupkannya.
(Barangkali Abu Ziyad bisa mengingatkan kami hal ini pada pertemuan yang akan datang. Karena masalah ini butuh perincian).
Dengan ini diketahui bahwasannya tidak boleh menyebarkan foto seseorang di twiter atau di ....

☝🏾Tanya: Apa boleh menghasung kaum muslimin untuk berinfaq kepada saudaranya dengan cara menyebarkan gambar korban pembunuhan ato korban luka dari kaum muslimin?

👍🏾 SYAIKH SHOLIH AL FAUZAN menjawab:
Amalan ini tidak benar. Tidak boleh memajang gambar gambar korban luka dengan tujuan agar kaum muslimin bershodaqoh buat saudara saudaranya seraya menyampaikan bahwa saudara saudara mereka sedang mendapat tekanan (dari musuh musuh Islam), bahwa mereka sedang ditimpa kejahatan orang orang yahudi.
(Sampaikan berita itu) tanpa memajang gambar gambar atau korban korban. Karena perbuatan tersebut mengandung penggunaan gambar (mahluk bernyawa yang dilarang). Selain itu padanya juga terdapat sikap takalluf (memberati diri) yang Alloh tidak perintahkan. Juga terdapat gambar potongan potongan anggota badan kaum muslimin. Di mana jika ditampilkan gambar seorang muslim yang dimutilasi atau dipotong potong anggota badannya, maka itu termasuk menakut nakuti kaum muslimin dan membuat mereka gentar terhadap perbuatan musuh.
Maka wajib atas kaum muslimin untuk tidak menampakkan kelemahan, atau musibah musibah atau hal hal seperti itu.
Tetapi mestinya hal itu ditutup tutupi agar tidak melemahkan kekuatan kaum muslimin.
(Al ijabah Muhimmah 2/105 karya Syaikh Sholih Al Fauzan).

والعلم عند الله
👍🏾 Dicopas dari grup
مرحبا يا طالب العلم
Dan dialih bahasa oleh

FIK 🛳🛳🛳 ABU YAHYA

وفقنا الله لما يحب ويرضاه

0 Response to "PERKATAAN ULAMA SEPUTAR MASALAH GAMBAR ATAU FOTO"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo