Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Bagaimanakah hukum seseorang berbicara dengan bangsa jin

Bagaimanakah hukum seseorang berbicara dengan bangsa jin

🎙 Dijawab oleh asy-Syaikh Abdulaziz bin Baz -rahimahullah-

Pertanyaan : ada seorang perempuan bertanya, jikalau dia memiliki sebuah cara yang memungkinkan dengannya dia bisa berbicara dengan bangsa jin, apakah diperbolehkan baginya untuk berbicara dengan bangsa jin atau tidak ?

Jawaban : Apabila perempuan tersebut berbicara dengan mereka (bangsa jin) untuk mendakwahi mereka agar kembali kepada Allah,  mengajari mereka ilmu (syar’i),  menunjuki mereka kepada kebaikan, memperingatkan mereka dari bahaya mengganggu dan mendzolimi manusia, maka yang seperti ini perkara yang baik.

Adapun jika dia berbicara dengan bangsa jin tersebut sekedar untuk bertanya-tanya tentang apa yang ada pada mereka, atau meminta mereka untuk melakukan sesuatu, atau melakukan sesuatu terhadap manusia, membantu mereka untuk mendzolimi manusia atau selainnya maka ini tidak diperbolehkan.

Dan berbicara dengan mereka pun apabila hal tersebut memungkinkan, tanpa harus kita mencoba mendekatkan diri kepada mereka dengan berbagai macam cara pendekatan (ritual dll), tidak dengan cara bersujud, dan yang selainnya.

Akan tetapi benar-benar murni hanya sekedar bicara bersama mereka dan memberikan manfaat kepada mereka, maka perbuatan ini tidak mengapa.

Seperti engkau menasehati mereka, mengingatkan mereka, mendakwahi mereka kepada jalan Allah, engkau memerintahkan mereka untuk berbuat kebaikan dan melarang mereka dari berbuat kemungkaran, maka semua ini adalah perbuatan yang baik, seperti memperlakukan manusia, na’am.

Moderator : Baarokallahu fiikum.

حكم الكلام مع الجن

السؤال: تقول: إن عندها طريقة تمكنها من التحدث مع الجن، فهل يجوز لها أن تتحدث معهم أم لا؟

الجواب: إذا كانت تتحدث معهم للدعوة إلى الله وتعليمهم العلم، وإرشادهم إلى الخير وتحذيرهم من أذى الناس وظلم الناس هذا كله طيب، أما إن كانت تتحدث معهم لسؤالهم الأشياء من عندهم وليفعلوا كذا وليفعلوا مع الناس كذا، والاستعانة بهم على ظلم الناس أو غير ذلك فلا يجوز، إنما يتحدث معهم إذا تمكنت من ذلك من دون أن تقرب إليهم بقرابين لا بسجود ولا بغير ذلك ولكن مجرد حديث تتحدث به معهم ينفعهم فلا بأس، كأن تعظهم وتذكرهم.. تدعوهم إلى الله.. تأمرهم بالمعروف.. تنهاهم عن المنكر كل هذا طيب، كما يفعل مع الإنس. نعم.

المقدم: بارك الله فيكم

Sumber : https://binbaz.org.sa/fatwas/7034/حكم-الكلام-مع-الجن

Grup WA Salafy Sragen

0 Response to "Bagaimanakah hukum seseorang berbicara dengan bangsa jin"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo