Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HUKUMAN BAGI ORANG YANG SENGAJA MEMBATALKAN PUASA TANPA ADA UDZUR

HUKUMAN BAGI ORANG YANG  SENGAJA MEMBATALKAN PUASA TANPA ADA UDZUR

🔖 Rasulullah ﷺ bersabda:

"Ketika aku sedang tidur, tiba-tiba datang kepadaku dua orang, keduanya menarik lenganku lalu membawaku ke gunung yang terjal, kemudian keduanya mengatakan: naiklah engkau! maka aku jawab: aku tidak mampu menaikinya.

Maka mereka mengatakan: kami akan memudahkanmu, maka aku pun akhirnya naik, sampai ketika aku berada di puncak gunung tiba-tiba terdengar suara-suara yang sangat keras, aku pun mengatakan: suara apakah itu?

Mereka menjawab: itu adalah lolongan penduduk neraka.

Kemudian dibawalah aku berjalan, tiba-tiba aku melihat satu kaum yang digantung pada urat tumit mereka, mulut mereka robek, sehingga mengalirkan darah dari mulut mereka.

Perawi mengatakan: Aku katakan, siapakah mereka?
Beliau menjawab: mereka adalah orang-orang yang membatalkan puasanya sebelum tiba waktunya berbuka."

HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam Shahih keduanya.
Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Shahih Targhib no 1005.

✍ Al-Imam Al-Albany rahimahullah mengatakan:

❓❗ "Ini adalah hukuman bagi orang yang berpuasa kemudian dia membatalkan puasanya dengan sengaja sebelum waktunya berbuka, maka bagaimana keadaan orang-orang yang sama sekali tidak berpuasa?!

🤲 Kita memohon kepada Allah keselamatan di dunia dan akhirat."

📚 Sumber: Silsilah Shahihah Hadits no. 3951.

📌 عقوبة المفطــرين عمــداً بلا عذر

💭 قَالَ رَسُولُ اللَّه ﷺ :

🔸 بَينا أنا نائـــمٌ أتانـﮯ رجلانِ ، فأخذا بِضَبْعَــﮯ فأتَيا بي جبـــلًا وعْرًا ، فقالا : اصعَدْ . فقلتُ : إنِّـﮯ لا أُطيقُهُ . فقال : إنَّا سَنُسَهِّلُهُ لكَـ . فصعدتُ ، حتَّى إذا كنتُ فــﮯ سَــــواءِ الجبلِ إذا بأصواتٍ شـــديدةٍ . قلتُ : ما هذهِ الأصواتُ ؟

🔹 قالوا : هذا عُـــوَاءُ أهلِ النَّارِ ثمَّ انْطُلِقَ بـﮯ فإذا أنا بقَـــومٍ مُعلَقِيــــنَ بعراقيبِهِــــم ، مُشَقَّقَةٌ أشــــداقُهُم ، تسيلُ أشــــداقُهُم دمًا .
قال : قلتُ : مَن هــــؤلاءِ ؟ قال : الَّذينَ يُفطِــــرونَ قبلَ تحلَّةِ صَومِهِــــم .

📕الحديث رواه ابن خزيمة وابن حبان في صحيحيهما
وقوله قبل تحلة صومهم معناه : يفطرون قبل وقت الإفطار
📗 صححه الالباني
📗في صحيح الترغيب رقم (١٠٠٥)

✍🏼 قال الإمام الألبانـﮯ رحمه الله:

❐ فهذه عقوبة مـــن صام ثم أفطر عمــداً قبل حلول وقت الإفطار، فكيف يكـــون حال من لا يصــــوم أصلاً ؟! نسأل الله الســــلامة والعافية فـﮯ الدنيا والآخـــرة .

📘 المصـــدر :
📚 السلسلة الصحيحة الحديث رقم (( ٣٩٥١ ))

♦️🍃للاشتراك بتيليجرام🍃♦️
قناة أبن عثيمين والالباني رحمهما الله 📺
‏📒 https://t.me/atymn
               ⬆️⬆️⬆️
         ☁ ⭐️ ⭐️ ⭐️ ☁.

➖➖➖

🌎 *WhatsApp Salafy Cirebon*
⏯ *Channel Telegram* || https://t.me/salafy_cirebon
🖥 *Website Salafy Cirebon :*
www.salafycirebon.com

📳 *_Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah_*

◻◻◻◻◻◻◻◻◻◻

0 Response to "HUKUMAN BAGI ORANG YANG SENGAJA MEMBATALKAN PUASA TANPA ADA UDZUR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo