Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

di kalangan penuntut ilmu itu ada penuntut ilmu yang tetap awam

📜📚📖✏

Apakah engkau tahu bahwa di kalangan penuntut ilmu itu ada (penuntut ilmu) yang (tetap) awam?
____________________ ❓❓

Pertama, engkau tahu hal ini? Seandainya ia dikenal menuntut ilmu, namun tidak semua orang yang dikenal menuntut ilmu lantas dia adalah ahlinya.

Oleh karena itu derajat mereka bertingkat-tingkat. Dan tidak akan terangkat darimu keawaman itu lantaran engkau 1, 2, 10, 20 tahun menuntut (ilmu), selama-lamanya tidak akan terangkat (darimu keawaman) dengan hal tersebut (faktor lamanya waktu menuntut ilmu).

Namun terangkatnya keawaman darimu dengan engkau menempuh metodenya para ulama di dalam mengambil (ilmu), talaqi (belajar kepada para ulama) serta beramal, mengambil dalil dan berjalan di atas sunnah ini dan engkau mengetahui kadar dirimu.

Dengan ini kami katakan bahwa akan terangkat darimu keawaman sedikit demi sedikit.

Dan tidaklah seorang hamba tawadhu' kepada Allah melainkan Allah akan mengangkat (derajatnya). Karena manakala bertambahnya ilmu seseorang, maka bertambah pula tawadhu'nya kepada Allah.

Namun apabila engkau melihat justru sebaliknya maka engkau mengetahui bahwa engkau masih berada dibawah dan engkau tidak terangkat sesudahnya. Kita memohon keselamatan kepada Allah.

Sumber:
Miratsul Anbiya
(Dari nasehat untuk kokoh dalam menukil khobar dan tidak tergesa-gesa dalam masalah kontemporer dan masalah-masalah besar)

Oleh: Al Allamah Al Fadhil Al Habib 'Abdullah Al Bukhari hafizhahullah

بسم الله الرحمن الرحيم

👈هل تعلم أن في طلاب العلم عوام ؟
👇
أولَا تعلمون هذا ؟ ولو انتسب إلى طلب العلم؛ فليس كل من انتسب إلى طلب العلم هو من أهله، ولذلك هم درجات متفاوتون، ولا ترتفع عنك العامية بكونك لك سنة ولا سنتين ولا عشرة ولا عشرين في الطلب أبدًا لا ترتفع بهذا، إنما ترتفع العامية عنك بسلوكك سبيل العلماء في الأخذ والتلقي والعمل والاستدلال والسير على هذا السَّنن وأن تعرف قدر نفسك؛ بهذا نقول ترتفع عنك العامية شيئًا فشيئًا، وما تواضع عبدٌ لله إلا رفعه الله، وكلما ازداد المرء علمًا ازداد لله تواضعًا، فإذا ما رأيت العكس عَلِمت أنك لازلت في الأسفل ما ارتفعت بعد، نسأل الله السلامة والعافية.

⬅منقول من ميراث الأنبياء
👇
من نصيحة بالتثبت في نقل اﻷخبار وعدم التصدر في النوازل والمسائل الكبار.

💡للعلامة الفاضل الحبيب
عبد الله البخاري حفظه الله.

Alih Bahasa: ... ✒
Al Ustadz Abdul Aziz [Samarinda] حفظه الله

http://salafybpp.com/index.php/nasehat/291-apakah-engkau-tahu-bahwa-di-kalangan-penuntut-ilmu-itu-ada-penuntut-ilmu-yang-tetap-awam

📚 TIS

0 Response to "di kalangan penuntut ilmu itu ada penuntut ilmu yang tetap awam"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo