Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

DOSA ADALAH PENGHAMBAT KESUKSESAN 3

Serial Buku: SUKSES DUNIA AKHIRAT DENGAN ISTIGHFAR DAN TAUBAT

✏ Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman حفظه الله

〰〰〰 7⃣ 〰〰〰

🔰BAB : DOSA ADALAH PENGHAMBAT KESUKSESAN (Bagian 3/4)
 
 
📌DOSA MUSUH ISTIGHFAR
 
Setiap manusia selain Rasul Allah pasti banyak melakukan dosa. Allah memerintahkan kepada hambaNya untuk banyak memohon ampunan (istighfar) kepada Allah
 
يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ
 
Wahai hambaku, sesungguhnya kalian berbuat dosa siang dan malam, sedangkan Aku adalah Sang Pengampun dosa. Maka mintalah ampunan (beristighfarlah kepadaKu) niscaya Aku ampuni kalian (Hadits Qudsi riwayat Muslim).
 
Jika dosa adalah penghambat kesuksesan, sebaliknya istighfar/ taubat  adalah penyebab keberhasilan/ keberuntungan di dunia dan di akhirat
 
... وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"...dan bertaubatlah kalian seluruhnya kepada Allah wahai orang yang beriman agar kalian mendapatkan keberuntungan (Q.S anNuur:31)
 
Qotadah (seorang tabi’i murid Sahabat Nabi Ibnu Mas’ud) berkata: “Sesungguhnya alQur’an ini telah menunjukkan penyakit dan obatnya. Penyakitnya adalah dosa, dan obatnya adalah istighfar” (diriwayatkan oleh alBaihaqy dalam Syu’abul Iman)
 
📌MUSIBAH AKIBAT DOSA
 
Musibah lebih sering diartikan pada hal-hal tidak mengenakkan yang menimpa manusia, seperti: penyakit, kecelakaan, bencana, dan semisalnya. Segala bentuk musibah itu pada dasarnya disebabkan oleh dosa manusia.
 
وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ
 
Dan segala musibah yang menimpa kalian adalah disebabkan perbuatan kalian, dan banyak yang Allah maafkan (Q.S asy-Syuuro:30).
 
Namun, sebagai bentuk kemurahan dan kasih sayang Allah, masih lebih banyak perbuatan yang Allah maafkan. Jika satu dosa langsung dibalas dengan satu musibah, niscaya tidak akan ada seorangpun yang tersisa di muka bumi. Semuanya binasa karena saking banyaknya dosa yang terjadi.
 
 وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللَّهُ النَّاسَ بِمَا كَسَبُوا مَا تَرَكَ عَلَى ظَهْرِهَا مِنْ دَابَّةٍ
 
Kalau seandainya Allah (langsung) mengadzab manusia disebabkan perbuatan mereka, niscaya tidak akan tertinggal di muka bumi suatu makhluk melatapun... (Q.S Faathir:45)
 
📌DOSA PENGHAMBAT REZEKI
 
Dosa juga menjadi sebab terhambatnya rezeki. Dalam sebuah riwayat hadits dinyatakan:
 
إِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ
 
Sesungguhnya seseorang terhalangi dari rezekinya disebabkan dosa yang diperbuatnya (H.R Ahmad, Ibnu Majah, alHaakim).
 
Catatan : Hadits tersebut dihasankan oleh al-Hafidz al-Iraqy, dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan al-Hakim serta disetujui penshahihannya oleh adz-Dzahaby.
 
📌BANYAK DOSA TAPI ‘SUKSES’
 
Tidak sedikit orang yang semakin banyak bermaksiat, semakin kaya. Semakin besar kedzhalimannya, semakin makmur di dunia. Semakin besar kekafirannya, semakin tinggi jabatannya, dan seterusnya. Mereka adalah orang-orang yang ‘sukses’ (dengan tanda petik). Sukses dalam pandangan orang awam.
‘Sukses’ semacam itu hanyalah semu. Ia seakan-akan sukses, padahal menabung penderitaan yang berlipat dan berkepanjangan.
 
Semakin seorang jauh dari Allah, semakin ia makmur di dunia. Itu disebut sebagai istidraj. Allah mengulur untuknya. Allah beri limpahan nikmat yang terus berlipat seiring dengan kedurhakaannya, agar semakin bertumpuk dosanya, dan semakin besar adzabnya di sisi Allah. Ketika ia semakin berkubang dengan kemaksiatannya, semakin lalailah ia, dan secara tiba-tiba Allah mengadzabnya.
 
Rasul shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
 
إِذَا رَأَيْتَ اللَّهَ يُعْطِي الْعَبْدَ مِنْ الدُّنْيَا عَلَى مَعَاصِيهِ مَا يُحِبُّ فَإِنَّمَا هُوَ اسْتِدْرَاجٌ ثُمَّ تَلَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ {فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُوا بِمَا أُوتُوا أَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً فَإِذَا هُمْ مُبْلِسُونَ}
 
Jika engkau melihat Allah memberi bagian dari (kenikmatan) dunia kepada seseorang atas kemaksiatannya yang ia senangi, ketahuilah sesungguhnya itu adalah istidraj. Kemudian Rasul membaca firman Allah (yang artinya): “Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan pintu-pintu kesenangan untuk mereka. Kami siksa mereka secara tiba-tiba, sehingga ketika itu mereka terdiam berputus asa (Q.S al-An’aam:46)(H.R Ahmad)
 

⌛(In Syaa Allah bersambung ke bagian 4/4)

📝 disalin dari buku "Sukses Dunia Akhirat dengan Istighfar dan Taubat" halaman 28-32

〰〰〰〰〰〰〰〰
📚  WA Salafy Kendari  📡

0 Response to "DOSA ADALAH PENGHAMBAT KESUKSESAN 3"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo