Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HUKUM ADZAN DI TELINGA BAYI YANG BARU LAHIR

APA HUKUMNYA ADZAN DI TELINGA BAYI YANG BARU LAHIR

Ditulis oleh:
Al-Ustadz Abu ‘Ubaidah Iqbal bin Damiri Al Jawy -hafidzahullah-

                                         ✹✹✹

______________________________________
❓Masalah: Apakah hukum mengumandangkan adzan di telinga bayi yang baru lahir?
______________________________________

🔖Kebanyakan para ulama memandang hal ini sunnah, yaitu mengumandangkan adzan di telinga kanan, sedangkan iqamah di telinga kiri. Mereka berdalil dengan beberapa hadits;

❚ a. Hadits Abi Raafi’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” أَذَّنَ فِي أُذُنَيِ الْحَسَنِ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِالصَّلَاةِ “

“Aku melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengumandangkan adzan pada kedua telinga Hasan bin ‘Ali ketika Fatimah melahirkannya.”

💥Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi, akan tetapi didalam sanadnya terdapat KELEMAHAN, yaitu hadits ini diriwayatkan melalui jalan ‘Aashim bin ‘Ubaidillah, dia seorang perawi yang dha’if (lemah).

❚ b. Hadits Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«مَنْ وُلِدَ لَهُ مَوْلُودٌ، فَأَذَّنَ فِي أُذُنِهِ الْيُمْنَى، وَأَقَامَ فِي أُذُنِهِ الْيُسْرَى، لَمْ يَضُرَّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ»

“Barangsiapa dilahirkan seorang anak, kemudian dia kumandangkan adzan di telinga kanannya (bayi) dan iqamah di telinga kirinya, maka jin tidak akan dapat mengganggunya.”

💥Hadits ini adalah HADITS PALSU, dalam sanadnya terdapat perawi yang bernama Marwan bin Saalim al-Ghifaari dan Yahya Ibnul ‘Alaa, mereka berdua yang memalsukan hadits ini.

Mereka juga berdalil dengan hadits-hadits yang lainnya, namun semuanya tidak sah datangnya dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam.

------------------------
✅ Sehingga bisa disimpulkan bahwa pendapat yang benar dalam permasalahan ini adalah TIDAK disyariatkan mengumandangkan adzan di telinga kanan bayi yang baru lahir dan juga iqamah di telinga kiri bayi.

Wallahu a’lam.

____________________
🔍 مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
📌✆ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] Dinukil dari KIS | www.alfawaaid.net

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

0 Response to "HUKUM ADZAN DI TELINGA BAYI YANG BARU LAHIR"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo