Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

HUKUM MEMAKAN MAKANAN YANG DIBUAT NON MUSLIM

HUKUM MEMAKAN MAKANAN YANG DIBUAT NON MUSLIM

As-Syaikh Ibnu Utsaimin_رحمه الله

السؤال: Pertanyaan

فضيلة الشيخ، يوجد مشروب يسمى (الكولا) تنتجه شركة يهودية، فما حكم شراب هذا المشروب؟ وما حكم بيعه؟ وهل هو من التعاون على الإثم، والعدوان ،أم لا؟

📮Fadhilatus Syaikh:
Ada semacam minuman yang bernama (Cola) yang dibuat oleh perusahan Yahudi.
Apa hukum meminum minuman ini?
Dan apa hukum menjualnya?
Dan apakah itu termasuk tolong menolong dalam dosa dan kerusakan?

الجواب:
📎ألم يبلغك أن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ اشترى من يهودي طعاماً لأهله، ومات ودرعه مرهونة عند هذا اليهودي؟! ألم يبلغك أن الرسول ـ صلى الله عليه وسلم ـ قبل الهدية من اليهود؟! ولو أننا قلنا: لا نستعمل ما صنعه اليهود، أو لا نأكل ما صنعه اليهود مما لا يشترط فيه الذكاة؛ لفات علينا شيء كثير من استعمال سيارات ما يصنعها إلا اليهود، وأشياء نافعة أخرى لا يصنعها إلا اليهود.
💡Apakah belum sampai kepadamu bahwa Rosulullah shollallaahu 'alaihi wa sallam membeli makanan dari seorang Yahudi untuk keluarganya?
Dan beliau wafat ketika baju perangnya masih tergadai pada orang Yahudi tersebut?!

📦Apakah belum sampai kepadamu bahwa Rosulullah shollallaahu 'alaihi wa sallam pernah menerima hadiah dari seorang Yahudi?

❌Apabila kita mengatakan:
"Kita tidak akan menggunakan suatu apapun yang dibuat oleh orang Yahudi" atau "Kita tidak memakan makanan yang dibuat oleh orang Yahudi", yang mana makanan tersebut tidak disyaratkan untuk disembelih.

Niscaya akan hilang dari kita kemaslahatan yang banyak, dari memakai mobil yang hanya dibuat oleh orang Yahudi.
Dan sesuatu yang bermanfaat lainnya yang tidak dibuat kecuali oleh orang Yahudi.

صحيح أن هذا المشروب قد يكون فيه بلاء يضعه اليهود؛ لأن اليهود غير مؤتمنين؛ ولهذا وضعوا للرسول ـ صلى الله عليه وسلم ـ السم في الشاة التي أهدوها إليه، ومات ـ صلى الله عليه وسلم ـ وهو يقول:«ما أزال أجد ألم الطعام الذي أكلت بخيبر، وهذا أوان انقطاع أبهري من ذلك السم» ـ يعني: موتي ـ ولهذا قال الزهري ـ رحمه الله ـ: إن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ مات بقتل اليهود له ـ لعنة الله عليهم، ولعنة الله على النصارى ـ فهم لا يؤتمنون: لا اليهود، ولا النصارى، لكن في ظني أن هذا الذي يرد إلينا ،لا بد أن يكون قد اختبر ،ومُحِّص، وعرف هل فيه خطر، أو ضرر، أم لا.

✅Memang benar, bahwa bisa saja di dalam minuman tersebut terdapat bahaya yang diletakkan oleh orang Yahudi, karna Yahudi tidaklah dapat dipercaya.
Karna itu mereka meletakkan untuk Rosulullah shollallaahu 'alaihi wa sallam Racun yang terdapat pada kambing yang dihadiahkan untuk beliau.
Kemudian beliau shollallaahu 'alaihi wa sallam wafat (dan sebelum wafatnya) beliau berkata :
"Aku masih merasakan sakit disebabkan makanan (kambing yang telah diberi racun) yang aku makan di Khoibar, dan ini adalah akhir terputusnya rasa sakitku dari Racun itu". Yaitu: Kematian.

Maka dengan ini berkata Az-Zuhri_semoga Allah merahmatinya_: "Sesungguhnya Nabi shollallaahu 'alaihi wasallam meninggal karna dibunuh oleh seorang Yahudi tersebut -Semoga Allah melaknat mereka- -dan semoga Allah melaknat Nasrani-.
Mereka tidaklah dapat dipercaya, tidak Yahudi ataupun Nasrani.
Akan tetapi dalam pandanganku, hendaknya tidak ada makanan yang dihidangkan, melainkan diharuskan telah diuji dan diketahui apakah di dalamnya terdapat suatu yang membahayakan atau tidak.

المصدر: سلسلة لقاءات الباب المفتوح > لقاء الباب المفتوح [64]
📚Sumber: Silsilah Liqooat Al-Bab Al-Maftuh>Liqooi Al-Bab Al-Maftuh [64 ]

🍵الأطعمة والأشربة
☕Makanan dan Minuman

✏Alih Bahasa:
Ummu Arkan Al-Bantaniyah hafidzhahaallah

رابط المقطع الصوتي
http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/od_064_13.mp3
🌸🌸🌸🌾🌾🌾🌸🌸🌸

Dipublikasikan oleh:
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔑🏡Miftah Daaris Sa'adah🏡
🔐🏡 مفتاح دار السعادة
🌈 AL HUDA 🌈
🔻🔻🔻🔻🔻

🔴➰➰➰🔴➰➰➰🔴

0 Response to "HUKUM MEMAKAN MAKANAN YANG DIBUAT NON MUSLIM"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo