Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Hukum Mengusap Tangan ke Wajah Usai Berdoa

Mengusap Tangan ke Wajah Usai Berdoa

السؤال: حفظكم الله هل يسن مسح الوجه باليدين بعد الدعاء أم أن هذا بدعة؟

الجواب: اختلف أهل العلم في هذا فمنهم من قال إنه ينبغي إذا فرغ من الدعاء وهورافعٌ يديه أن يمسح بهما وجهه واستدلوا بحديث ضعيف لكن قال ابن حجر رحمه الله له طرقٌ يقوي بعضها بعضاً ومجموعها يقضي بأنه حديثٌ حسن .ومن العلماء من قال إنه لا يمسح وجهه بيديه والأحاديث في هذا ضعيفة فيكون مسحه بيديه بدعة وإلى هذا ذهب شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله. وأرى أنه لا ينكر على من مسح ولا يؤمر بمسح من لم يمسح

❓Pertanyaan : Semoga Alloh menjaga Anda, apakah disunnahkan mengusap wajah dengan kedua tangan setelah selesai doa ataukah itu termasuk perbuatan bid’ah?

♻♻ Asy Syaikh Al Utsaimin rahimahullah menjawab:

🍂 Para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini.Di antara mereka ada yang menganjurkan jika selesai doa dan dia dalam keadaan mengangkat kedua tangannya, hendaknya mengusap wajahnya dengan kedua tangannya itu. Mereka berdalil dengan hadits dhaif tetapi Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan bahwa hadits tersebut memiliki beberapa jalan yang saling menguatkan satu sama lain, dan gabungan seluruhnya telah mencukupi hadits itu menjadi hasan.

🔰Di antara ulama ada yang mengatakan tidak usah mengusap wajah dengan kedua tangan, dan hadits-hadits dalam masalah ini dhaif, maka mengusap wajah dengan kedua tangan adalah bid’ah. Inilah pendapat Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah.

👍 Saya berpendapat hendaknya jangan diingkari orang yang mengusap wajahnya, dan tidak pula diperintahkan untuk mengusap wajah bagi orang yang tidak mengusapnya.

💻  http://shamela.ws/browse.php/book-2300/page-6841
🌿 Terjemah : Abu Mas'ud Jarot عفا الله عنه

🌍 WA Forum Salafy Surabaya

0 Response to "Hukum Mengusap Tangan ke Wajah Usai Berdoa"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo