Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

KELAHIRAN RASULULLAH

Silsilah Fiqih Siroh

KELAHIRAN RASULULLAH ﷺ.
————————————————

Al-Hafizh Abdul Ghoni Al-Maqdisi رحمه اللّٰهُ تعالى.

🚩 [ Kelahiran Beliau ﷺ ] [1]

☝ Dan rasulullah ﷺ dilahirkan di kota Mekah pada tahun gajah, pada bulan Robi'ul Awwal, 2 malam sebelum berakhirnya bulan, pada hari senin.

👉 Berkata sebagian mereka (ahli sejarah): 30 tahun setelah tahun gajah.

👉 Dan sebagian mereka mengatakan: 40 tahun setelahnya.

☝ Dan yang shahih bahwa beliau dilahirkan pada tahun gajah [2].
__________
[1] Sebagian kaum muslimin menjadikan hari kelahiran beliau ﷺ sebagai hari bersejarah yang patut untuk dimeriahkan dengan berbagai acara pesta, padahal jika kita melihat kepada perilaku Nabi ﷺ dan para sahabatnya رضي الله عنهم dan para tabi'in رحمهم الله تعالى  maka tidak akan kita jumpai bahwa mereka merayakannya.

Dan kalaulah hal itu merupakan suatu amalan kebaikan tentulah mereka akan mendahului kita dalam hal ini karena mereka adalah orang-orang yang selalu mengedepankan kebaikan.

Dan jika ditinjau dari sudut sejarah maka yang pertama kali yang membuat-buat acara pesta maulid Nabi ﷺ adalah para kholifah fathimiyyun dari kalangan 'ubaidiyyun kaum syiah rofidhoh, dan hal itu terjadi pada abad ke-4 hijriyah.

Maka kita tidak boleh tertipu oleh propaganda dan tipuan kaum syiah yang berpura-pura mengaku cinta kepada Nabi ﷺ dan keturunannya, karena kalaulah memang benar mereka cinta kepada Nabi ﷺ niscaya mereka akan mengikuti sunnah rasul ﷺ, dan kalaulah mereka cinta kepada keturunan Nabi ﷺ tentulah mereka tidak membunuh Al-Husain yang merupakan cucu kesayangan rosululloh ﷺ. [Pent]

[2] Pendapat yang shahih bahwa beliau ﷺ dilahirkan pada tahun gajah sebagaimana yang telah dikatakan oleh penulis rohimahulloh.

Dan tidak sedikit dari ulama yang menyatakan ijma' atas pendapat tsb, seperti: imam Ibrahim Ibnul Mundzir Al-Hizami, gurunya imam Bukhari, sebagaimana dikatakan oleh imam An-Nawawi rohimahulloh di dalam "Tahdzib As-Siroh" hlm: 20, dan Kholifah bin Khoyyath sebagaimana disebut dalam kitab "Tarikh"nya hlm:53.

Adapun yang mengatakan: "40 thn setelah tahun gajah atau 30 thn setelahnya" maka ini adalah kekeliruan dari mereka, sebagaimana hal ini diingatkan oleh Al-Hafizh Adz-Dzahabi rohimahulloh di dalam "As-Siroh" hlm: 27.

Dan ulama telah sepakat menyatakan bahwa lahirnya beliau ﷺ, terjadi pada bulan Robi'ul Awwal.

Adapun ditetapkannya hari kelahiran beliau ﷺ pada hari senin hal ini berdasarkan hadits Abu Qotadah Al-Anshori rodhiallohu 'anhu dalam shahih Muslim no. (1162). Wallahu a'lam. [Pent].
               —○●※●○—

📔 Mukhtashor Siroh An-Nabiy, hlm: 39-40.

✏__ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh عَفَا اللّٰهُ عَنْهُ.
————————————————
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang | www.ahlussunnahkarawang.com

0 Response to "KELAHIRAN RASULULLAH"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo