Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Membaca Ta’awudz Sebelum Membaca al Quran

SILSILAH DURUS TAFSIR JUZ ‘AMMA:

TAFSIR SURAT AL-FATIHAH

Membaca Ta’awudz Sebelum Membaca al-Quran

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

🌴 Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk yang akan memudaratkan agamaku atau duniaku, atau yang akan menghalangiku dari ketaatan kepada Allah atau yang akan mejerumuskanku kedalam perkara-perkara yang dilarang Allah. Sesungguhnya tidak ada yang bisa melindungi kita dari godaan setan kecuali Allah Ta’ala.

🌴 Disyariatkan sebelum kita membaca al-Quran untuk membaca Ta’awudz. Adapun dari sisi hukumnya, maka para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini.
🔸 Pendapat pertama, menyatakan bahwa hukumnya wajib membacanya sebelum membaca al-Quran. Hal ini berdasarkan zhahir ayat berlafazh perintah;

{فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ}

“Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” [QS. An-Nahl:98]

🔸 Pendapat kedua, menyatakan bahwa hukumnya mustahab atau sunnah. Ini adalah pendapat jumhur ulama. Dalil mereka hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«أُنْزِلَتْ عَلَيَّ آنِفًا سُورَةٌ» فَقَرَأَ: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ {إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ}

“Baru saja diturunkan kepadaku suatu surat, lalu beliau membaca, 'Bismillahirrahmanirrahim, Inna A'thainaka al-Kautsar Fashalli Lirabbika Wanhar, Inna Syani'aka Huwa al-Abtar.” [HR. Muslim]

📋 Dalam hadits tersebut tidak disebutkan Ta’awudz terlebih dahulu sebelum membaca al-Quran. Ini menunjukan bahwa hal tersebut bukan perkara yang wajib.

💎 Pendapat yang terpilih adalah pendapat jumhur ulama, dan pendapat ini dipilih oleh Ibnu Katsir dan al-Qurthubi.

🔐 Kapan doa Ta’awudz ini dibaca?
🔑 Mayoritas para ulama berpendapat bahwa doa Ta’wudz ini dibaca sebelum membaca al-Quran.
🔊 Berkata asy-Syinqithi rahimahullah: “Pada firman Allah (فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ) padanya dibuang kata kerja ‘ingin\ hendak’, yakni apabila kamu ingin membaca al-Quran, maka hendaklah meminta perlindungan kepada Allah. Dalil yang menunjukan hal tersebut adalah sering terulang pembuangan kata kerja ‘ingin\ hendak’ didalam al-Quran dan dalam kalam arab, dan juga konteks kalimat menunjukan kepada hal tersebut, hal ini sebagaimana dalam firman Allah;

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ}

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu.” [QS. Al-Maidah:6]

Maksudnya jika hendak mengerjakan shalat. [Tafsir Adhwaul Bayan:3/419]

🔐 Hikmah membaca Ta’awudz;
📎 a. Al-Quran adalah obat hati, dia akan menghilangkan apa yang dilemparkan setan kedalam hatinya dari was-was, syahwat dan hawa nafsu.
📎 b. Para malaikat akan mendekat kepada pembaca al-Quran, mereka datang mendengarkan bacaannya. Sedangkan setan lawannya, sehingga pembaca al-Quran diperintahkan membaca Ta’awudz sebelum membaca al-Quran guna meminta kepada Allah agar dirinya dijauhkan dari setan selaku musuhnya.
📎 c. Setan musuh yang paling nyata dalam menghalangi manusia dari kebajikan, diantaranya membaca al-Quran.
📎 d. Setan berusaha menggoda pembaca al-Quran dengan berbagai caranya, agar pembaca al-Quran tidak konsentrasi dengan bacaannya, sehingga tidak bisa menghayatinya.

Oleh karena itu, tatkala seorang muslim sadar, bahwa dirinya lemah, dan tidak ada yang bisa melindungi dirinya dari godaan setan yang terkutuk kecuali Allah ‘Azza wa Jalla, maka hendaklah dia senantiasa meminta tolong kepada Allah dan berlindung kepadanya, agar dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk sejauh-jauhnya.

🚪Wallahu a’lam bish Shawab.

----------------------------
✒ Disusun oleh Abu 'Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawy, 6 Dzul Qa’dah 1436/ 21  Agustus 2015_di kota Ambon Manise.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com
---------------------------

📚 WA. FORUM KIS 📚

0 Response to "Membaca Ta’awudz Sebelum Membaca al Quran"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo