Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

NAPAK TILAS SEJARAH KERAJAAN ARAB SAUDI 2

NAPAK TILAS SEJARAH KERAJAAN ARAB SAUDI (Bagian 2)

✒📂 Al Ustadz Qomar Su'aidy Z.A, Lc hafizhahullah

🌷 Suatu saat Syaikh Abdullah bin Ibrahim berkata kepada muridnya ini,” Maukah aku perlihatkan kepadamu persenjataan yang aku persiapkan? Mari masuk!” Maka masuklah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Setelah masuk, maka terlihatlah sebuah perpustakaan yang besar yang berisi buku-buku yang begitu banyak. Beliau berkata, “ Inilah senjata. Engkau harus mempelajari  buku-buku ini!” Ini menunjukkan betapa semangatnya sang guru; di sisi lain ini juga menjadikan semakin kuat  semangat Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab untuk terus menuntut ilmu.

✋ Di Madinah, beliau juga bertemu dengan Syaikh Muhammad Hayah al Sindiy seorang ulama hadis yang ahli di bidang hadis dan mempunyai beberapa karya di bidang hadis. Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab pun banyak mengambil ilmu dari Syaikh Muhammad Hayah al Sindiy. Setelah beberapa saat menuntut  ilmu di Madinah kemudian beliau pulang ke negerinya.

👋 Akan tetapi keinginannya untuk menuntut ilmu belum lah pupus. Apalagi ketika melihat betapa banyak kemungkaran-kemungkaran yang terjadi di negeri beliau, menjadi tambah kuat keinginan beliau untuk melanjutkan menuntut ilmu. Maka beliau pun melanjutkan perjalanan menuntut ilmu ke Bashrah. Di sana beliau belajar dari beberapa guru di antaranya  seorang ulama Syaikh Al Majmu’i.

✏ Di Basrah ini pulalah beliau menulis sebuah kitab yang kita kenal sebagai Kitabut Tauhid. Beliau menulis kitab ini karena melihat kondisi Irak  yang tidak jauh berbeda dengan keadaan di Najd yang saat itu banyak terjadi kesyirikan. Beliau menulis kitab ini sebagai bentuk kecemburuan terhadap Islam dan kaum muslimin. Kecemburuan yang memunculkan upaya untuk membenarkan akidah kaum muslimin.

📢 Setelah dari Bashrah beliau pulang kembali ke negeri Najd. Sebelum kemudian kembali melanjutkan rihlahnya dalam menuntut ilmu  ke negeri Ahsa’. Di sana beliau belajar kepada Syaikh Abdullah bin Fairuz sebelum akhirnya pulang kembali ke Uyainah.

📖 Sumber : Majalah Qudwah Edisi 30 Vol. 3 1436H/2015M
⏩ Bersambung In Sya Allah........

💻 WhatsApp Salafy Indonesi http://forumsalafy.net

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

0 Response to "NAPAK TILAS SEJARAH KERAJAAN ARAB SAUDI 2"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo