Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Semua Tentang Masjid Definisi

SILSILAH MASAJID 1

🏠 Ahkam al-Masajid
(Hukum-hukum tentang Masjid)

📌📜 Pengertian Masjid secara bahasa dan secara syar'i

💬 Pertanyaan:
Apa pengertian masjid secara bahasa dan secara syar'i?

💭 Jawab:
🔸Kata masjid secara bahasa artinya adalah tempat untuk sujud.
🔹 Adapun secara syar'i adalah : setiap tempat yang dibuat/disiapkan untuk kaum muslimin menunaikan shalat lima waktu secara berjamaah di tempat itu.

✅ Terkadang digunakan juga pengertiannya lebih umum dari ini. Sehingga masuk dalam pengertian masjid yaitu setiap tempat di dalam rumah seseorang yang digunakan untuk shalat sunnah atau sholat fardhu ketika tidak mampu mengerjakan shalat fardhu di masjid, di mana di sanalah dilaksanakan shalat fardhu secara berjamaah.

☑ 🔅Di antara dalilnya adalah sebuah hadits yang telah diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan selainnya dari sahabat Jabir, beliau berkata, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:
أعطيت خمساً لم يعطهن أحد قبلي، نصرت بالرعب مسيرة شهر، وجعلت لي الأرض مسجداً وطهوراً فأيما رجل من أمتي أدركته الصلاة فليصل

"Aku diberi 5 perkara yg tidak diberikan kepada (seorang nabi pun) sebelumku: aku ditolong dengan ketakutan (musuh) pada jarak sejauh perjalanan sebulan, dan bumi ini dijadikan untukku sebagai masjid dan alat bersuci, maka siapapun dari umatku yang datang padanya waktu shalat, hendaklah dia segera mengerjakan shalat." (Al-Hadits)

🔒 al-Lajnah ad-Da'imah (Fatawa Islamiyyah, hal 5, juz 2)

=====================🇸🇦
((أحكام المساجد))

تعريف المسجد لغة
س ما هو المسجد لغة وشرعاً؟
ج المسجد لغة موضع السجود، وشرعاً كل ما أعد ليؤدي فيه المسلمون الصلوات الخمس جماعة، وقد يطلق على ما هو أ'م من هذا فيدخل فيا يتخذه الإنسان في بيته ليصلي فيه النافلة أو ليصلي فيه الفريضة عند العجز عن صلاتها في المسجد الذي يقيم الناس فيه الجماعة ومن ذلك ما رواه البخاري وغيره عن جابر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ((أعطيت خمساً لم يعطهن أحد قبلي، نصرت بالرعب مسيرة شهر، وجعلت لي الأرض مسجداً وطهوراً فأيما رجل من أمتي أدركته الصلاة فليصل)) .. الحديث
اللجنة الدائمة

---------------------------------------

🌠📝 Majmu'ah Manhajul Anbiya

~~~~~~

0 Response to "Semua Tentang Masjid Definisi"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo