Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

SUMPAH PRAMUKA

SUMPAH PRAMUKA (BERSUMPAH DENGAN MENYEBUT NAMA SELAIN ALLAH)

Fatwa Nomor:4767

Pertanyaan:
Akademi al-Barid ats-Tsanawi di Riyadh menemukan pernyataan berikut: (Sumpah Pramuka) "Demi kehormatan saya, saya berjanji akan melakukan yang terbaik untuk menjalankan kewajiban saya terhadap Allah, tanah air, dan raja, membantu orang lain setiap saat, serta melaksanakan aturan pramuka." Pernyataan itu terdapat dalam buku saku yang diterbitkan oleh Sekretariat Jenderal Komite Pramuka Arab. Dalam permintaan fatwa ini kami lampirkan pula salinan sampul buku, pembukaan, dan halaman 23 yang memuat pernyataan di atas. Mohon kiranya Anda berkenan mengkaji dan memberikan fatwa terkait kebolehan sumpah pramuka dengan kalimat seperti ini, agar kami dapat menetapkan atau merevisinya sesuai fatwa. Inilah pertanyaan saya. Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan atas apa yang Anda lakukan untuk mengabdi kepada agama Islam yang hanif ini. Semoga Allah menunjuki kita semua ke jalan yang lurus.

📝Jawaban:
Pertama, bersumpah dengan menyebut selain nama Allah--misalnya ayah, pemimpin, kemuliaan, kedudukan, orang terpandang, dan lain-lain--adalah haram. Ini berdasarkan sabda Nabi صلي الله عليه وسلم, "Siapa pun yang ingin bersumpah, maka dia wajib bersumpah dengan menyebut nama Allah, atau diam (tidak usah bersumpah)." (Muttafaq `Alaih). Beliau bersabda, "Siapa pun yang ingin bersumpah, maka dia tidak boleh melakukannya jika bukan dengan nama Allah." (HR. an-Nasa'i). Beliau juga bersabda, "Siapa yang bersumpah dengan menyebut selain nama Allah, maka dia telah berbuat syirik."
Kedua, tidak layak bagi seorang muslim untuk menyejajarkan antara Allah dengan selain-Nya seperti tanah air, raja, atau pemimpin dalam janji dirinya untuk berbakti kepada mereka. Yang seharusnya diucapkan adalah, "Saya berjanji kepada Allah untuk melakukan yang terbaik dalam melaksanakan kewajiban saya kepada Allah, membela negara, dan membantu kaum Muslimin. Saya akan menjalankan aturan pramuka selama tidak bertentangan dengan syariat Allah تعالي."
Ketiga, perbuatan seseorang harus sesuai dengan syariat Allah تعالي. Oleh karena itu, dia tidak boleh mengucapkan janji yang ditujukan kepada dirinya untuk menjalankan undang-undang negara atau kelompok tertentu secara mutlak.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

🇸🇦Al-Lajnah ad-Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah wal Ifta'
🌴Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
💻🔍
http://shamela.ws/browse.php/book-8381/page-419

🌈WHATSAPP AL-UKHUWWAH

📋⬇

فتوى رقم (4767):
س: إن معهد البريد الثانوي بالرياض قد لاحظ العبارة التالية: (وعد الكشافة): (أعد بشرفي أن أبذل جهدي لأن أقوم بواجبي نحو الله والوطن والملك، وأن أساعد الناس في كل حين وأن أعمل بقانون الكشافة) وذلك في كتيب الكشافة الذي يصدر عن الأمانة العامة للجنة الكشفية العربية، وقد أرفقنا لسماحتكم صورة من الغلاف والمقدمة وصفحة (23) المدون بها العبارة المذكورة أعلاه. نأمل التلطف بالاطلاع ومن ثم التكرم بإفتائنا عن مدى صحة هذا القسم الكشافي لنتمكن من إقراره أو تعديله حسب الفتوى الشرعية، هذا وإني إذ أنتهز هذه الفرصة لأعرب لكم عن شكرنا وتقديرنا ونشيد بما تقومون به من خدمة هذا الدين الإسلامي الحنيف هدانا الله جميعًا إلى سواء السبيل.

ج: أولا: يحرم القسم بغير الله من أب وزعيم وشرف وجاه ووجيه ونحو ذلك؛ لما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: « من كان حالفًا فليحلف بالله أو ليصمت » متفق عليه وقال: « من كان حالفًا فلا يحلف إلا بالله » رواه النسائي وقال: « من حلف بغير الله فقد أشرك » . ثانيًا: إنه لا ينبغي للمسلم أن يسوي بين الله وغيره؛ كالوطن والملك والزعيم في أخذ العهد على نفسه بالعمل لهم، بل يقول: علي عهد الله أن أبذل جهدي في القيام بواجبي لله وحده ثم أخدم وطني وأساعد المسلمين، وأن أعمل بنظام الكشافة الذي لا يخالف شريعة الله تعالى. ثالثًا: يجب أن يكون عمل الإنسان وفق شريعة الله تعالى، فلا يجوز أن يأخذ على نفسه عهدًا أن يعمل بقانون دولة أو طائفة أو فئة ما من البشر بإطلاق.
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد ، وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

عضو // عضو // نائب رئيس اللجنة // الرئيس //

عبد الله بن قعود // عبد الله بن غديان // عبد الرزاق عفيفي // عبد العزيز بن عبد الله بن باز //
〰〰〰〰〰〰〰
Publikasi...

🌈 AL HUDA 🌈
🔻🔻🔻🔻🔻
🔴➰➰➰🔴➰➰➰🔴

0 Response to "SUMPAH PRAMUKA"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo