Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

TERSEDAK 3

بسم الله الرحمن الرحيم

Rabu,  27 Syawal 1436 H / 5 Agustus 2015 M

TERSEDAK bag.3

Pekan yg telah lalu, kita telah mempelajari cara melakukan abdominal thrusts dan chest thrusts pada orang dewasa maupun bayi. Pekan ini, in syaa Allah kita akan mempelajari variasi abdominal thrusts jika korban duduk, penolong lebih kecil daripada korban, korban sendirian, dan pada korban hamil atau sangat gemuk.

💐 Variasi abdominal thrust 💐

💺 Jika korban duduk:

👉Abdominal thrusts yang dijelaskan pada pekan tg telah lalu bisa dilakukan dengan posisi korban duduk. Pada kasus ini, punggung kursi berperan sebagai penyangga korban. Penolong tetap melingkarkan kedua lengannya di perut korban dan melakukan Abdominal thrust seperti yang dijelaskan di atas. Kadang penolong perlu berlutut. Jika punggung kursi terlalu tinggi, putar kursi ke samping 90° sehingga punggung kursi berada di samping korban. 

🔲 Untuk penolong yang berbadan kecil sedangkan korban berbadan besar, misalnya anak-anak menolong orang dewasa:

✋Penolong tidak berdiri di belakang korban, namun korban dibaringkan telentang. Berlututlah dengan posisi mengangkang melangkahi pinggang korban. Letakkan satu tangan di perut korban pada pertengahan antara pusar dan ujung tulang dada. Dorong ke dalam dan ke atas. Teknik ini sama seperti yang digunakan untuk menolong korban tersedak yang tidak sadar.

🔆 Jika anti tersedak dan anti sendirian:

👉Anti dapat melakukan Abdominal thrusts sendiri, bisa dilakukan dengan dua cara:

1. anti dapat melakukan abdominal thrusts yang sebenarnya dengan tangan anti sendiri. Caranya dengan meletakkan tangan di posisi yang sama seperti jika anti menolong orang lain, kemudian dorong ke dalam dan ke atas.

2.cara lainnya, dengan membungkuk dan perut diletakkan pada benda yang keras, misalnya pada bagian atas punggung kursi, kemudian dorong badan anti ke benda tersebut.

🔘 Pada wanita hamil dan orang yang sangat gemuk:

👉Abdominal thrusts mungkin tidak efektif pada orang yang hamil besar atau yang sangat gemuk.
💡Pada kasus ini bisa dilakukan dorongan dada (chest thrusts).

🌹Untuk orang yang sadar dengan posisi berdiri atau

👉duduk, lakukan langkah ini :
letakkan kedua tangan anti di bawah ketiak korban. Lingkarkan lengan anti ke sekeliling dada korban. Letakkan 1 kepalan tangan di pertengahan tulang dada dengan sisi jempol menyentuh dada korban. Genggam tangan yang terkepal dengan tangan yang lain, kemudian dorong ke dalam. Lakukan sampai benda yang menyumbat berhasil keluar atau korban tidak sadar.

🌺 Jika korban (hamil dan sangat gemuk) tidak sadar:

👉Urutan langkah-langkahnya sama seperti pertolongan bagi korban yang tidak sadar. Disarankan melakukan chest thrusts daripada abdominal thrusts.

📎Caranya:
Berlututlah di samping korban. Telusuri tulang rusuk yang paling bawah dengan dua jari ke arah tengah-atas sampai menyentuh ujung tulang dada (processus xiphoideus, terletak di dada di antara tulang-tulang rusuk kanan dan kiri).
Dengan 2 jari terletak pada ujung tulang dada, letakkan tangan yang lain di atas kedua jadi tersebut. Lakukan tekanan dengan kuat dan cepat untuk mengeluarkan benda yang menyumbat.

   ❗Prosedur ini tetap dilakukan dengan hati-hati agar tidak mematahkan tulang rusuk. Jika mungkin, lakukan subdiaphragmatic abdominal thrusts (abdominal thrusts yang dilakukan tepat di bawah rusuk) pada wanita hamil, khususnya jika masih banyak ruang di antara rahim dengan tulang rusuk.

🌿 bersambung, in syaa Allah...

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰📌
✒dr. Dianika Um Raihana
Telah dikoreksi dr.Agustin Aisyah, Sp. PK, M. Kes

🍯 Majmu'ah BIKUM🍯

0 Response to "TERSEDAK 3"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo