Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

MANAKAH YANG LEBIH UTAMA PADA HEWAN KURBAN KIBAS ATAUKAH SAPI

MANAKAH YANG LEBIH UTAMA PADA HEWAN KURBAN KIBAS ATAUKAH SAPI

سئلت اللجنة الدائمة

أيهما أفضل في الأضحية  الكبش أم البقر ؟

فأجابت :

" أفضل الأضاحي البدنة ، ثم البقرة ، ثم الشاة ، ثم شرك في بدنة  ناقة أو بقرة  ؛ لقوله صلى الله عليه وسلم في الجمعة :
( مَنْ راح في الساعة الأولى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً . . . إلخ الحديث ) .

ووجه الدلالة من ذلك :
وجود المفاضلة في التقرب إلى الله بين الإبل والبقر والغنم ، ولا شك أن الأضحية من أعظم القرب إلى الله تعالى ، ولأن البدنة أكثر ثمناً ولحماً ونفعاً ، وبهذا قال الأئمة الثلاثة أبو حنيفة ، والشافعي ، وأحمد . وقال مالك : الأفضل الجذع من الضأن ، ثم البقرة ، ثم البدنة ؛ لأن النبي صلى الله عليه وسلم ضحى بكبشين ، وهو صلى الله عليه وسلم لا يفعل إلا الأفضل .

والجواب عن ذلك :
أن يقال :
إنه صلى الله عليه وسلم قد يختار غير الأولى رفقاً بالأمة ؛ لأنهم يتأسون به ، ولا يحب صلى الله عليه وسلم أن يشق عليهم ، وقد بين فضل البدنة على البقر والغنم كما سبق . والله أعلم " .

📚"فتاوى اللجنة الدائمة" (11/398) .

❓☎📮Pertanyaan diajukan kepada "Al Lajnah daimah"

📩 Manakah yang lebih utama pada hewan kurban kibas (kambing jenis domba) ataukah sapi❓

⭕Jawabannya:

Hewan kurban yang paling utama adalah onta kemudian sapi, lalu kambing kemudian berserikat pada satu ekor onta atau sapi, berdasarkan sabda Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam pada sholat jum'at: "Barang siapa yang bergegas berangkat sholat jum'at pada waktu yang pertama maka seolah-olah dia mempersembahkan onta... sampai akhir hadits".

🚩Sisi pandang pendalilan dari hadits tersebut:

➡"Adanya perbedaan dalam bertaqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah antara yg mempersembahkan onta, sapi dan kambing, tidak diragukan lagi bahwa sembelihan hewan kurban termasuk perkara terbesar dalam bertaqorrub kepada Allah Ta'ala, dikarenakan onta lebih mahal harganya, lebih banyak dagingnya dan merata kemanfa'atannya, dengan inilah imam yg tiga; Imam Abu Hanifah, Imam Asy- syafi'i dan Imam Ahmad berpendapat,

➡adapun Imam Malik berpendapat: "Yang paling utama domba kemudian sapi lalu onta, dikarenakan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkurban dengan 2 domba, dan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidaklah beliau berbuat melainkan dengan yang paling utama".

💯✔Jawaban atas pendapat Imam Malik diatas: Dikatakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam terkadang memilih kepada SELAIN yang disebutkan pada pendapat pertama yakni-memilih berkurban dengan 2 domba-, dalam rangka bersikap lembut/sayang terhadap ummatnya, juga agar ummatnya bisa mencontoh beliau dengan amalannya, dan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak senang untuk memberatkan ummatnya, telah dijelaskan keutamaan onta atas sapi dan kambing, sebagaimana yang telah lalu."Wallahu 'alam"

📚Fatawa Al-Lajnah Daimah 11/ 398

📝Alih Bahasa: Al-Ustadz Abu Ukasyah Kholid حفظه الله

〰〰〰〰〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡

0 Response to "MANAKAH YANG LEBIH UTAMA PADA HEWAN KURBAN KIBAS ATAUKAH SAPI"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo