Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

MEMOHON HIDAYAH DI SETIAP WAKTU

MEMOHON HIDAYAH DI SETIAP WAKTU

قد سئل الإمام إبن كثير رحمه الله:

ﻛﻴﻒ ﻳﺴﺄﻝ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﺍﻟﻬﺪﺍﻳﺔ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻭﻗﺖ ﻣﻦ ﺻﻼﺓ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ، ﻭﻫﻮ ﻣﺘﺼﻒ ﺑﺬﻟﻚ ؟ ﻓﻬﻞ ﻫﺬﺍ ﻣﻦ ﺑﺎﺏ ﺗﺤﺼﻴﻞ ﺍﻟﺤﺎﺻﻞ ﺃﻡ ﻻ ؟

ﻓﺎﻟﺠﻮﺍﺏ:

ﺃﻥ ﻻ ، ﻭﻟﻮﻻ ﺍﺣﺘﻴﺎﺟﻪ ﻟﻴﻼ ﻭﻧﻬﺎﺭﺍ ﺇﻟﻰ ﺳﺆﺍﻝ ﺍﻟﻬﺪﺍﻳﺔ ﻟﻤﺎ ﺃﺭﺷﺪﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻰ ﺫﻟﻚ ؛

ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﻣﻔﺘﻖﺭ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺳﺎﻋﺔ ﻭﺣﺎﻟﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻲ ﺗﺜﺒﻴﺘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻬﺪﺍﻳﺔ ، ﻭﺭﺳﻮﺧﻪ ﻓﻴﻬﺎ ، ﻭﺗﺒﺼﺮﻩ ، ﻭﺍﺯﺩﻳﺎﺩﻩ ﻣﻨﻬﺎ ، ﻭﺍﺳﺖﻣﺮﺍﺭﻩ ﻋﻠﻴﻬﺎ ،

ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﻻ ﻳﻤﻠﻚ ﻟﻨﻔﺴﻪ ﻧﻔﻌﺎ ﻭﻻ ﺿﺮﺍ ﺇﻻ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻓﺄﺭﺷﺪﻩ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻳﺴﺄﻟﻪ ﻓﻲ كل ﻭﻗﺖ ﺃﻥ ﻳﻤﺪﻩ ﺑﺎﻟﻤﻌﻮﻧﺔ ﻭﺍﻟﺜﺒﺎﺕ ﻭﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ، ﻓﺎﻟﺴﻌﻴﺪ ﻣﻦ ﻭﻓﻘﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻟﺴﺆﺍﻟﻪ ؛ ﻓﺈﻧﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻗﺪ ﺗﻚﻓﻞ ﺑﺈﺟﺎﺑﺔ ﺍﻟﺪﺍﻋﻲ ﺇﺫﺍ ﺩﻋﺎﻩ ، ﻭﻻ ﺳﻴﻤﺎ ﺍﻟﻤﻀﻄﺮ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﺍﻟﻤﻔﺘﻘﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﺁﻧﺎﺀ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﺃﻃﺮﺍﻑ ﺍﻟﻨﻬﺎﺭ.

📔📃 تفسير إبن كثير ١ / ٥٠

--------------------------------------

💠 Imam Ibnu Katsir rahimahulla telah ditanya :

❓Bagaimana mungkin seorang mukmin selalu meminta hidayah di setiap waktu, baik di dalam shalat maupun di luar shalat, padahal dia telah mendapatkan hidayah, apakah ini termasuk meminta sesuatu yang telah ada pada dirinya atau tidak demikian ?

🍂 Jawabannya :

🚫 Tidak demikian, kalaulah bukan karena kebutuhan seorang mukmin di siang dan malam untuk memohon hidayah maka Allah tidak akan memerintahkan hal itu kepadanya.

✅ Karena sesungguhnya seorang hamba di setiap waktu dan keadaan sangat membutuhkan (pertolongan) Allah untuk menetapkan dan meneguhkan dirinya di atas hidayah-Nya, juga membukakan mata hatinya, menambahkan kesempurnaan dan keistiqamahan dirinya di atas hidayah-Nya.

⚠💥 Sungguh seorang hamba tidak memiliki (kemampuan memberi) kebaikan atau keburukan bagi dirinya sendiri kecuali dengan kehendak-Nya, maka Allah membimbingnya untuk (selalu) memohon kepada-Nya di setiap waktu untuk menganugerahkan kepadanya pertolongan, keteguhan dan taufik-Nya. Oleh karena itu, orang yang beruntung adalah orang yang diberi taufik oleh Allah untuk (selalu) memohon kepadanya, karena Allah telah menjamin pengabulan bagi orang yang berdoa jika dia memohon kepada-Nya, terutama seorang yang sangat butuh dan bergantung kepada-Nya (dengan selalu bersungguh-sungguh berdoa kepada-Nya) di waktu-waktu malam dan di tepi- tepi siang”

📔📃Tasir Ibnu Katsir hal. 1/50

--------------------------------------

✍ Syabab Ashhabus Sunnah

🌏 www.ittibaus-sunnah.net
◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉
📌 أصحاب السنة
⭐ASHHABUS SUNNAH✪

0 Response to "MEMOHON HIDAYAH DI SETIAP WAKTU"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo