Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

ADA APA DENGAN HUJAN YANG TIDAK KUNJUNG TIBA 3

ADA APA DENGAN HUJAN YANG TIDAK KUNJUNG TIBA 3

📌 Renungan untuk Semua

Para pembaca rahimakumullah, dengan demikian, kemarau panjang yang sedang melanda sebenarnya adalah karena kesalahan kita sendiri. Maka sadarilah hal ini, berlapang dada-lah untuk menerima ketentuan Allah dan bersabarlah. Bertakwalah kepada Allah dengan penuh kesungguhan, takutlah akan azabNya dan bersegeralah bertaubat dan kembali kepadaNya, karena sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum hingga kaum itu sendiri yang merubah keadaan mereka.

Rendahkanlah diri kita kepada Allah, mendekat dan memohon-Nya. Waspadalah dari sikap sombong dan hati yang keras dalam menghadapi musibah, karena sesungguhnya yang demikian ini merupakan sebab kehancuran dan kebinasaaan.

Allah subhanahu wa ta’ala menyatakan:

بَلْ إِيَّاهُ تَدْعُونَ فَيَكْشِفُ مَا تَدْعُونَ إِلَيْهِ إِنْ شَاءَ وَتَنْسَوْنَ مَا تُشْرِكُونَ. وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا إِلَى أُمَمٍ مِنْ قَبْلِكَ فَأَخَذْنَاهُمْ بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ
فَلَوْلا إِذْ جَاءَهُمْ بَأْسُنَا تَضَرَّعُوا وَلَكِنْ قَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ. فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُوا بِمَا أُوتُوا أَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً فَإِذَا هُمْ مُبْلِسُونَ. فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ الَّذِينَ ظَلَمُوا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“(Tidak), tetapi hanya DiaIah yang kalian seru, maka Dia menghilangkan bahaya yang karenanya kalian berdoa kepadaNya jika Dia menghendaki, dan kalian tinggalkan sembahan-sembahan yang kalian sekutukan (dengan Allah). Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat yang sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri. Maka mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri ketika datang siksaan Kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras, dan syaitanpun menampakkan kepada mereka kebagusan apa yang selalu mereka kerjakan. Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa. Maka orang-orang yang dzalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.” (aI-An’am: 41- 45)

Di samping itu pula, ketahuilah bahwa sebesar dan sebanyak apapun dosa seorang hamba tidak boleh menjadikan dirinya berputus asa dari rahmat Allah lalu enggan untuk bertaubat. Tidak ada dari kita yang bebas dari dosa dan kesalahan, maka janganlah berputus asa, pesimis dan patah semangat dalam hidup ini. Sesungguhnya berputus asa adalah suatu sikap yang tercela dalam agama kita yang mulia ini. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam beberapa ayatNya:

إِنَّهُ لا يَيْئَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

“Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (Yusuf: 87)

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ. وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لا تُنْصَرُونَ

“Katakanlah: “Wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kalian kepada Rabb kalian, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepada kalian kemudian kalian tidak dapat ditolong (lagi).” (az-Zumar: 53-54).

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa memberikan ampunanNya kepada kita dan mengangkat serta menjaga kita dari berbagai macam kejelekan dan musibah. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala segera menurunkan kepada kita hujan yang membawa berkah dan rahmah, bukan yang membawa azab dan bencana. Amin ya Rabbal Alamin. Wallahu a’lam bish shawab, semoga bermanfaat.

📝 Penulis: Ustadz Abdullah Imam hafidzahullah.

🌎 Disalin dengan beberapa tambahan teks Arabic dari Buletin Al-Ilmu Jember edisi no. 40/X/XIII/1436 H

〰〰〰〰〰〰〰
📚 WA Salafy Kendari 📡
=====*****=====
📶 Publikasi:
📖 WA Salafy Solo
www.salafymedia.com
13 Muharram 1437 H | 26 Oktober 2015

0 Response to "ADA APA DENGAN HUJAN YANG TIDAK KUNJUNG TIBA 3"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo