Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

SETIAP KEMAKSIATAN ADALAH JENIS KESYIRIKAN

SETIAP KEMAKSIATAN ADALAH JENIS KESYIRIKAN

🎁Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah:

"Setiap kemaksiatan adalah jenis kesyirikan"

Sabda Nabi shallallahu 'alahi wa sallam: "Jangan engkau beri kabar gembira mereka " yakni jangan engkau beri kabar mereka dan لا adalah larangan.

Maksud hadits tersebut adalah Allah tidak menyiksa orang yang tidak menyekutukan Dia dengan sesuatupun dan kemaksiatan itu terampuni dengan merealisasikan tauhid, namun Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam melarang untuk mengabarkan kepada mereka; agar tidak bersandar kepada kabar gembira ini tanpa merealisasikan konsekuensinya; karena merealisasikan tauhid mengharuskan untuk menjauhi maksiat; karena maksiat itu bersumber dari hawa nafsu dan ini merupakan jenis kesyirikan, Allah ta'ala berfirman: "Maka apakah engkau pernah melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya." (Al-Jatsiyyah:23)
Kesesuaian hadits tersebut dengan judul adalah: keutamaan tauhid dan bahwasannya tauhid penghalang siksa Allah ta'ala.
📂Halaman 21
Maka maksiat itu dari sisi arti yang umum atau jenis yang umum kita bisa menganggapnya termasuk kesyirikan. Adapun dengan arti yang khusus, terbagi menjadi beberapa macam:
1. Syirik besar
2. Syirik kecil
3. Maksiat besar
4. Maksiat kecil

Maksiat-maksiat ini diantaranya ada yang berkaitan dengan hak Allah, hak seseorang dengan dirinya dan dengan hak manusia.
Merealisasikan kalimat Laa ilaaha illallah adalah perkara yang sangat sulit, sehingga sebagian salaf berkata: "Setiap maksiat adalah jenis kesyirikan."

🔊 Dan berkata sebagian salaf yang lainnya: " Tidaklah sesuatu yang aku berusaha dengan sungguh-sungguh  terhadap diriku memeranginya diatas keikhlasan."
Tidaklah mengetahui hal ini melainkan seorang mukmin, adapun selain mukmin; tidaklah memerangi dirinya untuk ikhlas,
➡pernah dikatakan kepada Ibu Abbas radhiyallahu 'anhuma: Sesungguhnya orang-orang Yahudi berkata: Kami tidak merasa waswas dalam shalat
.Beliaupun berkata: Apa yang akan setan perbuat dengan hati yang runtuh?!; Setan tidaklah datang untuk meruntuhkan sesuatu yang roboh, namun dia datang untuk meruntuhkan sesuatu yang makmur

➡dan pernah dikeluhkan kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwasannya seseorang mendapati dalam dirinya sesuatu yang dia pandang penting untuk membicarakannya; Beliaupun bersabda: Kalian mendapati hal itu? mereka menjawab: Ya. Beliau bersabda: Itulah keimanan yang jelas yakni itulah tanda yang jelas atas jelasnya keimananmu karena telah datang atasnya, dan tidaklah datang melainkan atas hati yang sehat lagi ikhlas.

📚Kitab al-Qaulul Mufid

💻🔍
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=135939

🇸🇦

يقول الشيخ العثيمين رحمه الله في كتاب القول المفيد لشرح كتاب التوحيد

"كل معصية، فهي نوع من الشرك"

قوله: "لا تبشرهم"، أي: لا تخبرهم، ولا ناهية.

ومعنى الحديث أن الله لا يعذب من لا يشرك به شيئاً، وأن المعاصي تكون مغفورة بتحقيق التوحيد، ونهى صلى الله عليه و سلم عن إخبارهم؛ لئلا يعتمدوا على هذه البشرى دون تحقيق مقتضاها؛ لأن تحقيق التوحيد يستلزم اجتناب المعاصي؛ لأن المعاصي صادرة عن الهوى، وهذا نوع من الشرك، قال تعالى: )أفرأيت من اتخذ إلهه هواه( [الجاثية: 23].

ومناسبة الحديث للترجمة: فضيلة التوحيد، وأنه مانع من عذاب الله.

الصفحة 21

وقال الله - عز وجل ـ: )أفرأيت من اتخذ إلهه هواه( [الجاثية: 23].

فالمعاصي من حيث المعنى العام أو الجنس العام يمكن أن نعتبرها من الشرك. وأما بالمعنى الأخص؛ فتنقسم إلى أنواع:

1- شرك أكبر.

2- شرك أصغر.

3- معصية كبيرة.

4- معصية صغيرة.

وهذه المعاصي منها ما يتعلق بحق الله، ومنها ما يتعلق بحق الإنسان نفسه، ومنها ما يتعلق بحق الخلق.

وتحقيق لا إله إلا الله أمر في غاية الصعوبة، ولهذا قال بعض السلف: "كل معصية، فهي نوع من الشرك".

وقال بعض السلف: "ما جاهدت نفسي على شيء مجاهدتها على الإخلاص"، ولا يعرف هذا إلا المؤمن، أما غير المؤمن؛ فلا يجاهد نفسه على الإخلاص، ولهذا قيل لابن عباس: "إنّ اليهود يقولون: نحن لا نوسوس في الصلاة. قال: فما يصنع الشيطان بقلبٍ خرب؟!"؛ فالشيطان لا يأتي ليخرّب المهدوم، ولكن يأتي ليخرّب المعمور، ولهذا لما شُكي إلى النبي r أن الرجل يجد في نفسه ما يستعظم أن يتكلم به؛ قال: "وجدتم ذلك؟". قالوا: نعم.

قال: "ذاك صريح الإيمان"(1)؛ أي: أن ذاك هو العلامة البينة على أنّ إيمانكم صريح لأنّه ورد عليه، ولا يرد إلا على قلب صحيح خالص.

قوله: "من شهد أن لا إله إلا الله"، من: شرطية، وجواب الشرط: "أدخله الله الجنة على ما كان من العمل".

(1) مسلم: كتاب الإيمان/ باب الوسوسة في الإيمان.

الصفحة 31 من كتاب القول المفيد لشرح كتاب التوحيد للشيخ العثيمين رحمه الله

〰〰〰〰〰〰〰
🔰 Ust Anas Abu Zulfa hafidzahullah
⏩ dipublikasi oleh FSS

0 Response to "SETIAP KEMAKSIATAN ADALAH JENIS KESYIRIKAN"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo