Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Bolehkah Pasien HIPERTENSI Minum KOPI

📛Bolehkah Pasien HIPERTENSI Minum KOPI?

▶Kontra:
Kafein dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah mendadak, bahkan pada orang yang normal tekanan darah awalnya.
Kafein adalah suatu stimulan (perangsang), yang dapat merangsang sistem saraf pusat, yang pada akhirnya akan meningkatkan frekuensi denyut jantung dan tekanan darah.
Kenyataannya, memang beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi menyebabkan peningkatan tekanan darah.
Walaupun kopi memang mengandung polifenol yang telah terbukti memiliki manfaat terhadap kesehatan, tentunya lebih baik makan anggur atau apel yang juga sama-sama mengandung polifenol, dan tentu saja jauh lebih sehat dari kopi.

▶Pro:
Ada suatu penelitian yang cukup dikenal yang meneliti lebih dari 85 ribu wanita yang minum sedikitnya 6 cangkir kopi setiap hari selama 10 tahun. Penelitian ini tidak menunjukkan peningkatan tekanan darah atau resiko penyakit kardiovaskular.
Walaupun kafein memang merupakan stimulan, namun ini adalah stimulan yang sangat ringan, efeknya juga sangat singkat dalam tubuh.
Walaupun beberapa penelitian di atas menunjukkan bahwa kopi menyebabkan peningkatan tekanan darah, peningkatan tersebut hanya bersifat sementara. Penelitian-penelitian ini tidak menunjukkan efek jangka panjang kopi terhadap peningkatan tekanan darah.
Kebanyakan orang akan berkata,’Saya tidak bisa membayangkan hidup tanpa kopi. Setiap pagi saya selalu memulai hari saya dengan kopi. Dan itu yang membuat hari-hari saya lebih indah.’

▶Saran:
Satu nasehat terbaik yang dapat diberikan bagi para pecinta kopi adalah batasilah asupan kopi sampai 2 cangkir per hari, dan jangan minum kopi tepat sebelum melakukan aktivitas berat seperti berolahraga yang dapat menaikkan tekanan darah Anda.

▶Jika Anda ragu apakah kopi baik atau tidak untuk tekanan darah Anda, lakukanlah hal ini: 30-60 menit setelah minum kopi, ukurlah tekanan darah Anda. Jika tekanan darah sistolik Anda meningkat 5-10 mm Hg, Anda mungkin sensitif terhadap kafein. Anda lebih baik memilih apel!

✏Dinukil Dari blog seputar Jantung

📝WA INKES

0 Response to "Bolehkah Pasien HIPERTENSI Minum KOPI"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo