Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Menceraikan Lima Istri Sekaligus

🌷 Mencium Semerbak Faedah dari Sebuah Kisah

💬 Menceraikan Lima Istri Sekaligus

🌿 Al Ashmu’i bercerita: Aku pernah mengatakan kepada Khalifah Ar Rasyid pada suatu waktu : "Wahai Amirul Mukminin,telah sampai cerita kepadaku perihal seorang pria Arab yang menceraikan 5 wanita sekaligus."

☁ Ar Rasyid pun berkata : "Seorang pria hanya bisa punya 4 istri dalam satu waktu.Bagaimana bisa dia mencerai 5 wanita?"

🔦 Aku pun menjawab:
" Dahulu ada seorang pria yang memiliki empat istri. Suatu saat dia pernah mendapati empat istrinya sedang berkelahi dan ribut.Adapun si pria ini memiliki akhlak yang kasar.Maka dia mengatakan, “Sampai kapan kalian ribut seperti ini? Saya yakin ini adalah karena ulahmu!"

☝ Dia bicara begitu sambil menunjuk seorang istrinya. Si pria ini berkata: "Pergilah dariku karena aku telah menceraikanmu!”

🌷 Istri yang lain menukas, “Engkau terburu-buru menceraikannya, andai saja engkau menghukumnya dengan selain talak, niscaya akan lebih bagus.”

🔩 Suaminya malah menjawab, “Kamu juga saya ceraikan!!”

🔩 Mendengar itu, istri ketiga mengatakan, “Semoga Allah menjelekkanmu!Demi Allah, kedua istrimu itu sangat baik kepadamu. Mereka berdua selalu memuliakanmu!”

📛 Suaminya menjawab, “Kamu juga ikut membela keduanya, saya ceraikan kamu juga.”

🌷 Istri keempat ,seorang wanita bani Hilal yang dikenal dengan kelembutannya mengatakan, “Nanti engkau akan menyesal karena telah menghukum cerai semua istri-istrimu.”

⭕Suaminya menjawab, “Kamu juga saya ceraikan sekarang.”

🏡Ternyata kejadian tadi terdengar oleh istri tetangga rumah.Wanita itu  tiba-tiba ikut nimbrung setelah mendengar kejadian tadi. Dia mengatakan, “Demi Allah, bangsa Arab tidak menilai bangsamu lemah kecuali karena melihat dan mendapati perbuatan kalian ini.Bisa - bisanya kamu menceraikan empat istrimu dalam satu waktu sekaligus!!”

🔩 Pria tadi menjawab, “Kamu juga wahai wanita yang sok ikut-ikutan membela, kamu ikut dicerai, jika suamimu menyetujuinya."

🏡 Ternyata suami dari wanita tetangga tersebut menjawab dari dalam rumah, “Saya setuju, saya setuju!”

☁💦☁💦☁💦☁

قال الأصمعي : قلت للرشيد يوماً بلغني يا أمير المؤمنين أن رجلاً من العرب طلَّق خمس نِسوةٍ، قال الرشيد : إنما يجوز ملك رجل على أربع نسوة فكيف طلَّق خمساً؟قلت : كان لرجلٍ أربع نسوة ، فدخل عليهن يوماً فوجدهن متلاحيات متنازعات ـ وكان الرجل سيء الخلق ـ فقال : إلى متى هذا التنازع ؟ما إخال هذا الأمر إلا من قبلك ـيقول ذلك إلى لإمرأة منهن اذهبي فأنت طالق !فقالت له صاحبتها : عجّلت عليها بالطلاق ، ولو أدّبتها بغير ذلك لكنت حقيقاً ، فقال لها : وأنتِ أيضاً طالق !فقالت له الثالثة : قبّحك الله ! فو الله لقد كانتا إليك مُحسنتين ، وعليك مفضلتين ! فقال وأنتِ أيتها المعدِّدة أيادِيهما طالقٌ أيضاً، فقالت له الرابعة ـ وكانت هِلالية فيها أناةٌ شديدة –ضاق صدرك عن أن تؤدب نساءك إلا بالطلاق ! فقال لها : وأنت طالقٌ أيضاً !وكان ذلك جارة له وصلها ما حدث ، فأشرفت عليه وقد سمعت كلامه ، فقالت :والله ما شهدت العرب وعلى قومك بالضعف إلا لما بلوه منكم ووجدوه منكم ، أبيت إلا طلاق نسائك في ساعة واحدةٍ !قال : وأنتِ أيتها المؤنٍّبةُ المكلَّفة طالق ، إن أجاز ذلك زوجك ! فأجابه زوجها من داخل بيته : قد أجزت ! قد أجزتُ .

➡☝➡☝➡☝➡

📚 Daulah Nisa hal.646,karya Al Burquqi

📲 Penerjemah : Abu Mas'ud Jarot

🏡 Forum Salafy Surabaya

0 Response to "Menceraikan Lima Istri Sekaligus"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo