Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Mengenal Allah, RasulNya dan Agama Islam

📚 BELAJAR AQIDAH SHAHIHAH
DARI KITAB AL USHUL ATS TSALATSAH

🔖Pelajaran Kedua Puluh Empat🔖

📘 MATAN:

🔊 قَالَ الْمُؤَلِّفُ رَحِمَهُ اللهُ:
(فَإِذَا قِيلَ لَكَ): مَا الأُصُولُ الثَّلاثَةُ التِي يَجِبُ عَلَى الإِنْسَانِ مَعْرِفَتُهَا؟ فَقُلْ: مَعْرِفَةُ الْعَبْدِ رَبَّهُ، وَدِينَهُ وَنَبِيَّهُ مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وسلم

🔊 Berkata Penulis rahimahullah:
“Maka apabila kamu ditanya, apakah tiga landasan pokok yang wajib diketahui oleh (setiap) manusia?
Maka jawablah, seorang hamba mengenal Rabbnya, agamanya dan Nabinya, yaitu Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.
------------------------------

📬 PENJELASAN:

🌴 Metode pengajaran yang paling bagus, cepat dipahami dan melekat kuat diingatan para pelajar adalah metode pendidikan dengan sistem tanya jawab. Hal ini ini dikarenakan jika pelajar dilemparkan kepadanya pertanyaan, maka dia akan lebih konsentrasi dalam berpikir dan mempersiapkan diri untuk mendengar dan memahami jawaban soal jika dia belum mengetahuinya jawabannya. Ini adalah metode nabawi, yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Telah kami uraikan hal ini pada awal kitab.

🌻 Pertanyaan penulis disini sangat penting untuk disampaikan dan diketahui jawabannya oleh setiap manusia, karena tiga pertanyaan inilah yang akan dipertanyakan kepada setiap manusia ketika telah diletakan di liang lahad (kuburan). Jika seorang hamba telah mengetahui jawabannya dan mengamalkannya, maka harapan besar dia bisa kokoh dan teguh dalam menjawab pertanyaan malaikat tentang tiga hal tersebut.

{يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ}

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

«وَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ فَيُجْلِسَانِهِ فَيَقُولَانِ لَهُ: مَنْ رَبُّكَ؟ فَيَقُولُ: رَبِّيَ اللَّهُ، فَيَقُولَانِ لَهُ: مَا دِينُكَ؟ فَيَقُولُ: دِينِيَ الْإِسْلَامُ، فَيَقُولَانِ لَهُ: مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِي بُعِثَ فِيكُمْ؟ " قَالَ: " فَيَقُولُ: هُوَ رَسُولُ اللَّهِ»

“Kedua malaikat mendatanginya dan mendudukannya, kemudian bertanya, siapkah Rabbmu? Maka dia menjawab, Rabbku adalah Allah. Kedua mailakat tersebut bertanya kembali, apakah agamamu? Dia menjawab, Agamaku Islam. Kemudian kedua malaikat kembali bertanya, siapakah laki-laki ini yang diutus kepada kalian? Dia menjawab, dia adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.” [HR. Abu Dawud, dishahihkan asy-Syekh al-Albani dan asy-Syekh Muqbil]

🌹 Inilah tiga landasan pokok yang wajib diketahui oleh setiap manusia. Tujuan ditulisnya kitab ini adalah penulis ingin menjelaskan dan menguraikan satu persatu tentang tiga landasan pokok ini dengan disertai dalil-dalinya, dengan besar harapan para pembaca dan kaum muslimin dapat mempelajarinya, memahaminya dan sekaligus mengamalkanya, sehingga jika tiga hal ini telah kokoh pada hatinya dan amalannya, maka di akan sukses melewati ujian ini. Dan jika seorang hamba telah menjawab ujian ini, maka itu merupakan alamat kebaikan bagi dirinya kelak pada hari perhitungan disisi Allah Ta’ala.

🚪 Semoga Allah senantiasa memberikan kita taufiq dan hidayah untuk mengilmui dan mengamalkan kandungan yang terdapat pada tiga landasan pokok ini.

----------------------------
✒ Ditulis oleh Abu 'Ubaidah bin Damiri al-Jawi, 27 Dzul Hijjah 1436/ 11 Oktober 2015_di kota Ambon Manise.

📥 Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta mengunduh 2 aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com
------------------------

📚 WA. FORUM KIS 📚

0 Response to "Mengenal Allah, RasulNya dan Agama Islam"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo