Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

Shalat Tahajud Sebelum Tidur

⏳TANYA JAWAB SEPUTAR SHOLAT TAHAJJUD ⌚

✏Assalamualaikum,

afwan ustad boleh kah sholat tahajud tanpa harus tidur dulu misal nya setelah sholat isyak ?

🔑 jawaban :
✒AL USTADZ KARISMAN HAFIDZAHULLAH

Waalaikumussalam.

📝Tahajud berasal dari kata at-Tahajjud yang mengandung makna bangun dari tidur di waktu malam (Syarh Shahih al-Bukhari libnil Baththol (3/108)).

🚪Karena itu, istilah tahajud diperuntukkan untuk sholat malam setelah bangun tidur. Ini adalah pendapat dari Alqomah, al-Aswad, dan Ibrahim an-Nakhai (dinukil dan dikuatkan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya surat al-Isra’ ayat 79).

👉🏻Sedangkan jika kita melakukan sholat selain sunnah Rowatib setelah sholat Isya', maka secara istilah tidak disebut tahajjud. Tetapi tetap masuk dalam kategori qiyaamul lail (sholat malam). Qiyaamul Lail seyogyanya berjumlah rokaat total ganjil, sehingga disebut sebagai witir.

📚Sebagian Sahabat Nabi, seperti Abu Hurairah memiliki kebiasaan sholat witir sebelum tidur. Demikian juga bagi orang yg khawatir sulit bangun sebelum Subuh, sebaiknya sholat malam sebelum tidur.

👉🏻Jika ada pilihan yg sama-sama mudah, sholat qiyamul lail setelah sholat Isya sebelum tidur, atau sebaiknya nanti setelah bangun tidur sebelum Subuh. Yg lebih utama adalah setelah bangun tidur sebelum Subuh.

مَنْ خَافَ أَنْ لَا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلَاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ

Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam maka berwitirlah di awal (malam). Barangsiapa yang ingin bangun di akhir malam, maka berwitirlah di akhir malam karena sholat di akhir malam disaksikan (para Malaikat) dan yang demikian lebih utama (H.R Muslim).

✏Di ambil dari tanya jawab ikhwan bersama ustadz karisman hafidzahullah d grup al-i'tishom

Di sebar luaskan

📚 Berbagi ilmu syar'i ⏳

---------------------------

0 Response to "Shalat Tahajud Sebelum Tidur"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo