Mengenai Saya

Foto saya
Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Kami adalah produsen gamis akhwat dan jilbab cadar safar. 0857-2544-5132

ULAMA PEWARIS NABI 3

ULAMA PEWARIS NABI

oleh : al Ustadz Abu Usamah Abdurrahman bin Rawiyah
003

💧💎💦Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam bersabda :

إن الْعُلُمَاءُ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ، إِنَّ اْلأَنْبِياَءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْناَرًا وَلاَ دِرْهَماً إِنَّمَا وَرَّثُوْا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَ بِهِ فَقَدْ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

" Sesungguhnya 'ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar & dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut, ia telah mengambil bagian yang banyak. "
(Hadits ini diriwayatkan Al-Imam At-Tirmidzi di dalam Sunannya no. 2681, Ahmad di dalam Musnadnya (5/169), Ad-Darimi di dalam Sunannya(1/98), Abu Dawud no 3641, Ibnu Majah didalam Muqodimahnya dan dishahihkan oleh Al-Hakim &Ibnu Hibban. Asy Syaikh Al-Albani rahimahullah mengatakan "Hadits Shahih." Lihat Kitab Shahih Sunan Abu Dawud no.3096,Shahih Sunan At-Tirmidzi no.2159, Shahih Sunan Ibnu Majah no.182 & Shahih At-Targhib, 1/33/68)

🌴Asy Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadi Al-Madkhali mengatakan :
" Kebijaksanaan Allah atas makhluk-Nya & kekuasaaan-Nya yang mutlak atas mereka. Maka barangsiapa yang mendapatkan hidayah maka itu wujud fadhilah (keutamaan) dari Allah & bentuk rahmat-Nya. Barangsiapa yang menjadi tersesat, maka itu dengan keadilan Allah & hikmah-Nya atas orang tersebut. Sungguh para pengikut nabi & rasul menyeru pula sebagaimana seruan mereka.

🔸Mereka itulah para 'Ulama & orang-orang yang beramal shalih pada setiap zaman dan tempat, sebab mereka adalah pewaris ilmu para nabi & orang-orang yang berpegang dengan sunnah-sunnah mereka.
Sungguh Allah telah menegakkan hujjah melalui mereka atas setiap umat & suatu kaum & Allah merahmati dengan mereka suatu kaum & umat.

🔸Mereka pantas mendapatkan pujian yang baik dari generasi yang akan datang sesudah mereka & ucapan-ucapan yang penuh kejujuran & doa-doa barokah atas perjuangan & pengorbanan mereka. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya atas mereka & semoga mereka mendapatkan balasan yang lebih baik & derajat yang tinggi. "
(Al-Manhaj Al-Qowim fi At-Taassi bi Ar-Rasul AL-Karim hal. 15)

🌳 Asy Syaikh Shalih Fauzan mengatakan :
" Kita wajib memuliakan 'ulama muslimin karena mereka adalah pewaris para nabi, maka meremehkan mereka termasuk meremehkan kedudukan & warisan yang mereka ambil dari Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam serta meremehkan ilmu yang mereka bawa.
Barangsiapa terjatuh dalam perbuatan ini tentu mereka akan lebih meremehkan kaum muslimin.

�🔹'Ulama adalah orang yang wajib kita hormati karena kedudukan mereka ditengah-tengah umat & tugas yang mereka emban untuk kemaslahatan Islam & muslimin.

🔹Kalau mereka tidak mempercayai 'Ulama, lalu kepada siapa mereka percaya.
Kalau kepercayaan telah menghilang dari 'Ulama, lalu kepada siapa kaum muslimin mengembalikan semua problem hidup mereka & untuk menjelaskan hukum-hukum syariat, maka disaat itulah akan terjadi kebimbangan dan terjadi huru hara."
(Al-Ajwibah Al-Mufidah, hal. 140)

Wallahu a'lam

Tammat

- dinukil dari Asy Syariah Vol I/No.12/1425 H/2005 hal 15-16 -
=====*****=====
📶 Publikasi:
📖 WA Salafy Solo
www.salafymedia.com
11 Muharram 1437 H | 24 Oktober 2015

0 Response to "ULAMA PEWARIS NABI 3"

Posting Komentar

Tokopeci Salimah Gallery

Salimah Gallery Distributor Busana Muslim, Madu Herbal di kota Solo